LKAAM Kec.Canduang Dikukuhkan


Canduang,canangnews------Pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kecamatan Canduang masa bakti 2019-2024, resmi dikukuhkan, di aula Nagari Bukik Batabuah, Senin (21/10).
Pengukuhan tersebut dilakukan Ketua LKAAM Kabupaten Agam, Yul Arnis Dt. Maleka Nan Tinggi. Turut disaksikan oleh Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, Anggota DPRD Agam, Rinaldi dan Camat Canduang, Fauzi.
Menjabat sebagai ketua yaitu, AZ. Dt. Ambasa, Wakil Ketua Y. Dt. Majo Lelo dan sekretaris A. Dt. Pangulu Basa.Ketua LKAAM Kabupaten Agam, Yul Arnis, Dt. Maleka Nan Tinggi mengatakan, pengukuhan pengurus baru guna memberikan legalitas untuk memaksimalkan kinerja organisasi.Ia berharap nantinya, LKAAM Kecamatan Canduang tetap eksis menjalan organisasi dalam menegakkan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.
Sementara itu, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria mengatakan, keberadaan dan peran LKAAM sangat penting dalam menjaga adat istiadat dan budaya Minangkabau.“Selama ini LKAAM sudah banyak berbuat. Untuk itu, kita komit bersama-sama kaum adat membangun Kabupaten Agam ke depan tidak hanya fisik tapi juga membangun mental dan spiritual masyarakatnya,” ujar wabup.
Peran ninik mamak harus bisa berjalan seiring dengan perkembangan zaman, agar bisa memahami lingkungan yang terus terbawa oleh pengaruh modrenisasi.Oleh karenanya, wabup mengapresiasi atas dikukuhkan pengurus LKAAM di Kecamatan Canduang, sebagai upaya bentuk penguatan lembaga adat dan budaya secara berkelanjutan.
“Semoga organisasi LKAAM di seluruh kecamatan di Kabupaten Agam dapat menjalankan tupoksinya dengan baik terutama bagi sanak kemenakan, dengan menjunjung tinggi nilai ABS-SBK. Serta tetap menjadi mitra kerja pemerintah dalam mewujudkan pembangunan,” ujar wabup. (rel/bjr)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.