Subscribe Us

header ads

Posyandu Sungai Batang Agam Dinilai Tim Provinsi


Tiku,Canangnews----Tim Propinsi Sumbar melakukan penilaian Posyandu berprestasi tahun ini  Kader Posyandu Sayang Ibu Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Fitriyeni mewakili Kabupaten Agam pada penilaian Kader Posyandu berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019.
Terpilihnya Fitriyeni sebagai Kader Posyandu perwakilan Kabupaten Agam, setelah berhasil menyisihkan para kader lain berdasarkan penilaian dan evaluasi tingkat kabupaten.

Kamis (15/8) siang, tim penilai dari Provinsi Sumatera Barat, melakukan penilaian lapangan untuk menguji kebenaran ekspose yang disampaikan kader posyandu di Padang beberapa waktu lalu.
Penilaian dipimpin Ketua TP-PKK Sumbar, Ny. Nevi Irwan Prayitno dan dihadiri Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, Ketua TP-PKK Agam, Ny. Vita Indra Catri, Wakil TP-PKK, Ny. Chandra Trinda Farhan, Kepala Dinas Kesehatan, Indra, Kepala DPMN, Teddy Martha, Camat Tanjung Raya, Handria Asmi, wali nagari, ninik mamak serta para kader posyandu se-Tanjung Raya dan lainnya.
Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria mengatakan, kader Posyandu di Nagari Sungai Batang, telah dua kali berturut-turut mewakili Agam ke tingkat Sumatera Barat. Tahun 2018 diwakili kader Posyandu Melati Jorong Batuang Panjang atas nama Susilawati dan meraih peringkat terbaik.
Sedangkan tahun 2019, dikatakan wabup salah seorang kader Posyandu di Nagari Sungai Batang kembali mewakili Agam ke provinsi atas nama Fitriyeni dari Posyandu Sayang Ibu. Bahkan sudah melaksanakan kegiatan dengan baik dan melakukan beberapa inovasi. Sehingga kunjungan ke posyandu terus meningkat.
“Semoga prestasi terbaik bisa kembali diraih. Ini menunjukkan bahwa kader Posyandu di Sungai Batang dan Kabupaten Agam pada umumnya mampu menggerakkan posyandu dengan melibatkan unsur masyarakat,” ujarnya.
Kendati demikian, disebutkan wabup bahwa pemerintah perlu terus mendorong agar semakin banyak kader yang berprestasi. Bahkan wabup mengapresiasi upaya yang dilakukan para kader untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
“Upaya yang dilakukan hendaknya dapat didukung oleh OPD terkait, dengan program-program yang ada dan pemerintah nagari harus memprioritaskan, serta mengakomodir kegiatan pemberdayaan baik melalui posyandu, PKK nagari dan karang taruna,” terangnya.
Ketua tim penilai, Ny. Nevi Irwan Prayitno mengucapkan selamat kepada kader Posyandu Sayang Ibu, Fitriyeni yang telah mewakili Agam pada penilaian kader Posyandu berprestasi tingkat Sumatera Barat tahun 2019. Kunjungan lapangan ini merupakan penilaian tahap kedua, sedangkan tahap pertama Fitri Yeni masuk nominasi lima besar atas eksposenya.
Dikatakan, penilaian lapangan dilakukan untuk melihat secara langsung aktifitas kadernya, mengetahui manfaat posyandu bagi masyarakat, mengetahui dukungan instansi terkait dalam pembinaan dan lainnya.
“Kegiatan ini bukan hanya untuk penilaian saja, melainkan upaya pembinaan kita dari TP-PKK secara bersama-sama. Kami berharap dengan penilaian ini mampu memotivasi untuk meningkatkan prestasi kader Posyandu dan PAUD ke depannya, serta meningkatkan sinergitas kerjasama dengan pemerintah,” sebutnya.
Nevi menjelaskan, pelaksanaan penilaian meliputi aspek Pokjanal dan Pokja Posyandu, aspek kesehatan, aspek KB, aspek PKK, aspek partisipasi masyarakat, aspek penerimaan masyarakat, aspek administrasi dan kegiatan kader Posyandu, tata tertib penilaian yang meliputi ekspose pokja nagari, peninjauan lapangan dan diskusi kelompok.
“Kader Posyandu terbaik I nantinya akan diberi penghargaan dan diikut sertakan dalam study comparative ke salah satu posyandu terbaik tingkat nasional,” ulas Ketua TP-PKK Sumbar itu. (rel/fl)

Posting Komentar

0 Komentar