Nagari Manggopoh Gelar Tabligh Akbar


Lubukbasung,Canangnews-----Universitas Negeri Padang (UNP) bekerjasama dengan Pemerintah Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam menggelar Tabligh Akbar, Minggu (25/8) di Masjid Sabilus Sa’adah Jorong Balaisatu.
Acara yang bertemakan “Penanggulangan Bahaya LGBT dalam Kehidupan Bernagari dari Perspektif Islam dalam Konteks Nagari Madani” ini dihadiri Pemerintah Kecamatan Lubuk Basung, KPPI Agam, MUI, perangkat Nagari Manggopoh, karang taruna, majelis taklim, dan remaja masjid.
Bertindak sebagai narasumber dan penceramah Buya Zulhamdi LC.MA Ketua MUI Padang Panjang serta Dr.Akmal SH.MSi selaku Pakar Hukum Adat /Tim Ahli Hukum adat Kemendagri, Kemendes PTT sekaligus dosen UNP.
“Alhamdulillah, kegiatan ini sangat antusias dihadiri masyarakat dari berbagai kalangan,” ujar Wali Nagari Manggopoh Ridwan disela kegiatan.
Ridwan mengungkapkan, bahwa Nagari Manggopoh merupakan salahsatu nagari binaan UNP dan kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masayarakat dari dosen UNP.
“Dari kegiatan ini kami mendapat banyak bimbingan. Sehingga lebih memudahan pemerintah nagari beserta kelembagaan dalam menterjemahkan Gerakan Nagari Madani,” ujarnya.
Dijelaskan, dalam hal ini, pemateri menyampaikan baik dari sisi adat maupun agama dimana penyakit masyarakat seperti LGBT merupakan dosa besar. Disisi adat, ini adalah perbuatan menyimpang yang hukumnya dibuang sepanjang adat.
Ridwan berharap, agar seluruh pihak seperti, penghulu terhadap anak kemenakan, Alim ulama terhadap jemaahnya, mamak pada kemenakan, dan peran penting orang tua dalam mendidik, membesarkan anak-anaknya, untuk lebih aktif membina, mengawasi, serta melindungi kampung dan nagari dari pengaruh LGBT ini. (rel/bjr)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.