Anak Nagari Padang Tarok Kembali Gelar Balap Sepeda Gunung Berskala Nasional



Baso,Canangnews----- Anak Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso,  Agam, kembali menggelar balap sepeda gunung berskala nasional yang dikemas dalam ajang Agam Gravity Race, 14 dan 15 September 2019 mendatang.
Segala bentuk persiapan sudah dilakukan mulai dari pembentukan panitia sampai treck yang akan dijajal oleh para pembalap serta kebutuhan lainnya.Camat Baso, Surya Wendri via ponsel, Minggu (25/8) mengatakan, persiapan sampai saat ini sudah mencapai 80 persen dan panitia berasal dari masyarakat Nagari Padang Tarok serta pecinta sepeda gunung. Agam Gravity Race adalah agenda tahunan anak nagari yang bekerjasama dengan komunitas sepeda gunung Agam dan tahun ini sudah yang kali keempat.
“Fasilitas yang diberikan kepada rider kelas downhill ini berupa homestay. Sedangkan peserta mendaftar sampai sekarang sudah mencapai 70 rider. Kita memperkirakan pesertanya lebih dari 100 rider karena waktu untuk mendaftar masih panjang,” ujarnya.
Menurut Surya Wendri, meski event ini berskala nasional, namun pesertanya tidak hanya dari daerah di Indonesia saja, tapi juga berasal dari luar negeri. Hal ini sudah menjadi pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya.
Sehingga di momen ini, peserta akan disuguhkan kesenian tradisional oleh nagari se-Kecamata Baso, sebagai upaya pemerintah untuk memperkenalkan seni budaya Minangkabau ke nusantara.
Sementara itu, trek yang akan dijajal rider adalah penurunan bukit Padang Tarok sepanjang tiga kilometer. Rutenya cukup menantang, yang akan memberikan kesan tersendiri bagi peserta. Sedangkan untuk hadiah disediakan uang tunai sebesar Rp51 juta dan plakat.
Kegiatan ini didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Agam dan nagari. Bahkan pelaksanaan event tahunan ini dibiayai melalui APBD sebesar Rp70 juta dan ADD nagari Rp50 juta, ditambah sumbangan sponsor dan biaya administrasi peserta.
Camat mengatakan, baginya event itu sangat perlu dilaksanakan untuk ajang ketangkasan, silaturahim antar sesama pecinta sepeda gunung sekaligus menyerukan tagline Ayo ke Agam. Karena Agam memiliki topografi yang lengkap dan layak untuk dikunjungi. Selain itu, juga sebagai bentuk promosi untuk lokasi Kejurda sepeda gunung kelas downhill.
Ketua pelaksana, Hardimansyah mengatakan, kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan di Nagari Padang Tarok, bahkan telah memasuki tahun ke empat. Event balap sepeda gunung yang diberi nama Agam Gravity Race ini, terlaksana berkat keseriusan pemuda Padang Tarok untuk mengembangkan olahraga tersebut.
“Bukti keseriusannya, event berskala nasional ini bisa kita laksanakan empat tahun berturut-turut. Semoga pelaksanaan tahun ini berjalan dengan aman, lancar dan sukses,” imbuhnya.
Untuk itu, Hardiamansyah mengharapkan dukungan masyarakat untuk mensukseskan Agam Gravity Race. Karena kesuksesan acara tidak tergantung kepada panitia, lebih dari itu juga tergantung masyarakat yang memberikan dukungannya. (rel/bjr)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.