Header Ads

jasa

29 Nagari di Agam Akan Laksanakan Pilwana E-Votting


Agam,Canangnews--------Sehubungan dengan berakhirnya masa tugas  Walinagari maka tahun ini  bakal di laksanakan Pilwana serentak.Hal tersebut di ungkapkan  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Agam, Teddy Martha dan Ia  menyebutkan, sebanyak 29 nagari di 14 kecamatan akan menggelar Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak secara e-votting pada November 2019.
Ke-29 nagari tersebut diantaranya, Nagari Sungai Landia, Guguak Tabek Sarojo, Koto Kaciak, Manggopoh, Lubuk Basung, Maninjau, Batu Taba dan lainnya.
“Insya Allah akan digelar pada November 2019 mendatang, dan rencananya kita akan gelar kembali sistem e-votting,” ujar Teddy Martha, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (9/7) di Lubuk Basung.
Terkait penentuan tanggalnya, pihaknya masih sedang mencari waktu yang tepat agar partisipasi masyarakat menggunakan hak pilih tinggi.
“Saat ini kita sedang membicarakannya di tingkat kecamatan dan nagari. Pastinya tidak mungkin digelar hari kerja dan hari pasar di nagari tersebut,” ulasnya.
Pihaknya juga memastikan dalam waktu dekat seluruh panitia pilwana sudah bisa dibentuk karena mengingat waktu pemilihan yang tidak lama lagi.
Panitia nagari bakal melakukan tahapan pencocokan data pemilih. Data pemilih yang dipakai juga mengacu pada Pemilu 2019 dengan jumlah 113.587 pemilih di 29 nagari.
“Setelah itu melakukan rasionalisasi tempat pemungutan suara, karena sistem e-votting ini satu TPS dengan jumlah pemilih mencapai 800 sampai 1.000 orang,” ulas Teddy menjelaskan.Teddy berharap, pelaksanaan Pilwana sistim e-votting ke-dua ini kembali berhasil digelar dengan tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi. (rel/bjr)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.