Header Ads

jasa

Bupati Indra Catri Jadi Inspektur Upacara Hari Lahirnya Pancasila




Agam,Canangnews----- Memperingati Hari Kelahiran Pancasila, Pemerintah Kabupaten Agam, menggelar Upacara Bendera, di Halaman Kantor Bupati Agam, Sabtu (1/6).Upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Agam Dr. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah itu, dihadiri pimpinan OPD, dan ASN se-Kabupaten Agam. Turut hadir Dandim 0304/Agam Letkol Inf Viktor Andhyka Tjokro, Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi.Dalam kesempatan itu, Bupati Agam mengatakan, Peringatan Hari Kelahiran Pancasila membawa sebuah makna bahwa seluruh rakyat Indonesia semestinya membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.


“Pancasila harus diposisikan sebagai penuntun yang mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasikan visi dan misi bangsa Indonesia,“ ujarnya.Dikatakan, jeberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun “Taman Sari Kebudayaan”, yang memungkinkan semua mahkluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat.


“Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua. Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling,” ujarnya lagi.Kesadaran dan pemahaman terhadap pancasila dapat berkembang melalui budaya politik kewargaan yang demokratis. Budaya politik yang dapat menumbuhkan dan merawat harapan, bukan politik yang menimbulkan ketakutan.


“Kita Indonesia dan kita adalah pengamal Pancasila yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur,” ungkapnya.Ia berharap, melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.“Kita semua harus terus-menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan bangsa yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan,” ulasnya. (rel/bjr)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.