Header Ads

jasa

Syamsul Bahri Terpilih Jadi Ketua KUD Parit


Syamsul Bahri ketua terpilih  KUD Parit (foto:doc Izit)

Pasbar,canangnews----Rapat Anggota Tahunan (RAT) Luar Biasa Koperasi Unit Desa (KUD) Parit Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar),berjalan dengan sukses dan lancar. RATtersebut digelar pada Senin 11 Februari 2019di Air Balam Nagari Parik Kecamatan Koto Balingka

Pelaksanaan RAT juga seiring dengan kosongnya jabatan ketua yang sebelumnya dijabat Chairuddin Lubis karena telah meninggal dunia beberapa waktu yang lalu. Maka atas usulan anggota dan inisiatif pengurus lama serta dukungan Dinas Koperindag Pasbar, maka diadakanlah Rapat Anggota Tahunan Luar Biasa.

RAT KUD Parit yang bertempat di Gedung SD Air Balam, dihadiri ratusan anggota yang merupakan utusan kelompok Tani Parit Sepakat dan Bukit Beremas serta sub-sub kelompoktani yang tergabung dalam KUD Parit.  Juga dihadiri oleh Walinagar Parik, Borkat  Lubis, Ketua KAN Parik, H. Yurnalis.M,  Perwakilan Camat Koto Balingka, Efendi, Kepala Dinas Koperindag, Ali Zamar, dan para pengurus lama KUD Parit.

RAT yang berlangsung dengan penuh antusias peserta yang hadir, dilaksanakan pembubaran pengurus lama dan pembentukan kepengurusan baru. Peserta rapat menyepakati sistem pemilihan setengah formatur yakni diawali dengan pemilihan untuk menetapkan ketua. Dan kemudian kepengurusan lainnya disusun bersama ketua terpilih melalui sistem formatur utusan kelompok tani.

Bebera calon Ketua yang diajukan ketika itu adalah,  Jufri,  Syamsul Bahri, Zulfahmi, Yasman, Kazarni, Yufrizal, M. Yunus, Jonneidi, dan Daswir. Hasil pemilihan dengan pemungutan suara langsung tersebut menempatkan Syamsul Bahri peraih suara terbanyak, dan ditetapkan sebagai ketua terpilih.


Adapun perolehan suara calon ketua KUD Parit tersebut adalah, Syamsul bahri sebanyak  69 suara, Zulfahmi 33 suara,  Yasman 13 suara, Jonneidi 9 suara, Jufri 7 suara, M. Yunus 3 suara dan lainnya tidak terisi.

Dari proses pemilihan tersebut, sebagian besar anggota KUD Parit memilih dan memberi kepercayaan kepada Syamsul Bahri untuk memimpin KUD Parit dan berharap KUD ini akan lebih maju dan dapat mensejahterakan anggotanya.

Syamsul Bahri, kelahiran Air Balam Koto Balingka, 28 Desember 1968 ini, juga merupanan Anggota DPRD Pasbar. Dan atas nama anggota KUD Parit ia dicalonkan sebagai ketua dan akhirnya terpilih.

Adapun kelengkapan struktur pengurus KUD Parit hasil rapat lanjutan bersama ketua terpilih dan utusan kelompok, ditetapkan  sebagai berikut.  Wakil Ketua dijabat oleh Junaidi, Sekretaris, H. Yurnalis. M, Wakil Sekretaris, Yasman dan Bendahara, Asril.

Sedangkan struktur Badan Pengawas adalah, Ketua, Yurman, Anggota, Mahmuddin, Heri Miheldi, Adri dan Mursal.
Syamsul Bahri, sebagai ketua terpilih mengaturkan rasa syukur dan terima kasih atas amanah yang diberikan. Dengan kekompakan dan kebersamaan yang tinggi dalam memajukan koperasi, ia yakin KUD Parit akan mampu mewujudkan program yang lebih baik lagi ke depan.

 "Saya tentunya akan berusaha semaksimal mungkin bagaimana dapat memajukan KUD Parit ini. Sebab kepercayaan ini adalah manah yang mesti dipegang dan dilaksanakan dengan  sebaik mungkin. Semoga dengan kebersamaan dan kerja keras bersama, pengelolaan kebun dengan PT BPP akan lebih baik dan dengan sendirinya nanti kesejahteraan anggota akan semakin meningkat, “ harapnya.

Tekad yang sama juga disampaikan Sekretaris, KUD Parit, H. Yurnalis. M. Bahwa menurutnya dengan terpilihnhya ketua dan pengurus baru, tentu akan segera mengadakan pertemuan lanjutan atau rapat kordinasi guna menyusun program prioritas dalam memenej usaha KUD terutama bidang perkebunan yang bermitra dengan PT BPP. Semoga katanya dengan persatuan dan kesatuan bersama anggota, program KUD ke depan akan berjalan lebih baik dan lancar.

Sementara,  Kepala Dinas Koperindag,  Ali Zamar juga berharap dengan terbentuknya kepengurusan yang baru dapat langsung bekerja sebaik mungkin. Karena ia menilai ini adalah suatu momen penting diadakannnya RAT Luar biasa. Apalagi sudah belasan tahun tidak RAT, tentu hal ini sudah merupakan awal dari bangkitnya KUD Parit.

Ia yakin dengan terbentuknya pengurus baru akan dapat membangkit batang tarandam untuk kemajuan KUD Parit ke depan. Sebab menurutnya, keberadaan KUD tak hanya menjadi penyokong kegiatan pertanian warga, namun juga sebagai penyokong aktivitas perdagangan, perikanan, peternakan, produksi kerajinan kreatif, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagianya.

Menurutnya, dengan mulai bangkitnya KUD Parit masyarakat benar-benar mendapatkan manfaat yang tak sedikit. Kebutuhan hidup semakin terpenuhi, kesejahteraan terjamin, bahkan pada aspek yang lebih luas masyarakat mampu memberdayakan dirinya sendiri serta lingkungannya.(irti z)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.