Agam,Canangnews--- Disperindag Kop dan UKM  Agam  menganggarkan Rp3,1 miliar lebih untuk merenovasi empat unit pasar di tahun 2019.
Kepala Disperindag Kop dan UKM Agam, melalui Kabid Pasar Riza Oktafinadi, diruangan kerjanya, Jum’at (18/1) mengatakan, anggaran berasal dari dua sumber yaitu DAK sebesar Rp2,6 miliar lebih dan APBD Rp517 juta lebih.
Sedangkan pasar yang akan dibangun yaitu, pasar Koto Alam Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, pasar serikat Pakan Selasa Kecamatan IV Koto, pasar Balai Selasa Kampuang Pinang, Kecamatan Lubuk Basung dan pasar Kayu Pasak Kecamatan Palembayan.
“Ditargetkan April 2019 sudah mulai dikerjakan, tapi sebelumnya kita harus lakukan sosialisasi dan meminta surat persetujuan renovasi dari nagari serta pelaku usaha yang terdampak saat kegiatan ini,” sebutnya.
Setelah ada persetujuan pihaknya baru membuat disain perencanaan. Renovasi ini dilakukan berdasarkan proposal yang diajukan pengurus pasar pada Disperindag Kop dan UKM Agam, diketahui walingari serta camat.
Awalnya Pemkab Agam usulkan renovasi pasar pada pemerintah pusat untuk enam unit. Namun anggaran tersedia di kementerian hanya dua unit pasar, sedangkan dua unit lagi direnovasi melalui APBD 2019.
“Kita akan terus berupaya mendapatkan DAK pusat untuk renovasi pasar tiap tahun, supaya pasar di Kabupaten Agam lebih representatif,” ujarnya.
Disebutkan, pasar di Kabupaten Agam sebanyak 38 unit dan sudah direnovasi secara besar-besaran 10 unit sejak tahun 2017.
“Ini menjadi program kita tiap tahun bagaimana menciptakan pasar yang bersih, terkelola dan jadi pusat perputaran uang bagi masyarakat,” katanya. (rel/bjr)