Rakor Program Pemberdayaan Masyarakat dan Keuangan Nagari

0


CAMPAGO, CanangNews Bupati Padang Pariaman H Ali Mukhni mengapresiasi diadakannya rapat koordinasi Wali Nagari dan Wali Korong dari dua kecamatan yang dikenal dengan V Koto Lamo, di gedung pertemuan SUPM, Jumat (18/1/2019).

Menurutnya, sejauh ingatannya, baru kali ini diadakannya rakor Wali Nagari dan Wali Korong dua kecamatan, Kecamatan V Koto Kampung Dalam dan V Koto Timur.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini. Rakor ini baru pertama kali diadakan dan temanya pun sangat tepat yaitu tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Pengelolaan Keuangan Dana Nagari," sebut Ali Mukhni bangga.

Menurut Ali Mukhni, pemberdayaan masyarakat adalah tugas pemerintah mulai dari Presiden sampai Wali Nagari.

"Kalau masyarakat makmur dan sejahtera baru pimpinan bisa disebut berhasil memimpin," katanya melanjutkan.

Ali Mukhni pun mengingatkan kepada Wali Nagari dan Wali Korong untuk memjalankan amanah masyarakat dengan baik. Karena, amanah bisa dijadikan ladang ibadah. "Jika amanah dijalankan dengan baik, Insya Allah akan setiap langkah dan upaya kita mensejahterakan masyarakat akab dilindungi dan ditunjuki Allah," kata putra V Koto Kampung Dalam itu.

Dalam usaha mensejahterakan masyarakat dan membangun Nagari, Bupati dua periode itu kembali mengingatkan untuk selalu melaksanakan gotong royong bersama masyarakat.

"Jika setiap minggu masyarakat dan perangkat nagari melakukan goro, insya Allah Nagari kita menjadi bersih, rapi dan semarak," ajak Ali Mukhni.

Terkait dengan pengelolan dan penggunaan dana nagari, Ali Mukhni mengatakan bahwa ia tidak ingin satu pun wali Nagari di Padang Pariaman yang berurusan dengan penegak hukum. "Mungkin saya yang pertama kali mengadakan MOU dengan penegak hukum untuk mengawasi dana nagari," katanya tegas.

"Untuk itu kepada Wali Nagari tolong hati-hati menggunakan dana nagari. Kalau ada keraguan segera lakukan konsultasi dengan camat, DPMD, Inspektorat atau Sekda," tukuknya mengingatkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Drs. Erman, MM menjelaskan tujuan diadakannya rapat koordinasi sebagai upaya percepatan sekaligus evaluasi program kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan dana nagari. Harapannya nanti, kegiatan pemberdayaan akan lebih diperbanyak dibanding kegiatan fisik dan pengelolaan Keuangan dana nagari sesuai penggunaannya sesuai aturan.

Rakor diikuti oleh Wali Nagari dan Wali Korong se Kecamatan V Koto Kampung Dalam dan V Koto Timur. Turut hadir Camat V Koto Kampung Dalam Khairul Nisam dan Camat V Koto Timur Arlis. (ZT)


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top