Header Ads

jasa

Pergantian Kepala SMK Pasbar Diimpor dari Luar


Drs.Marimus Kadis Pendidikan Kab.Pasaman Barat 
Pasbar,canangnews----Beralihnya kewenangan pengelolaaan sekolah tingkat menengah atas, SMA/ SMK ke pemerintah provinsi, membuat penempatan kepala sekolah tidak mesti putra asli daerah setempat. Tapi bisa direkrut dari kabupaten kota di wilayah pemerintahan provinsi.

          Buktinya, seperti halnya pergantian tiga orang kepala SMK dari Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang dilantik bersama103 orang kepala sekolah se Sumbar, ketiganya berasal dari luar Pasbar.

          Mereka adalah, Kepala SMKN 1 Pasaman, Asmurniati,SPd, MSI digantikan kepala sekolah baru dari Lintau Kabupaten Tanah Datar. Terus, Kepala Sekolah SMKN Sasak Ranah Pasisie, Drs, Amri digantikan oleh kepala sekolah dari SMAN 2 Lubuk Sikapaing Kabupaten Pasaman dan satu lagi Kepala SMKN 1 Ranah Batahan, Ismanel, S.Pd digantikan oleh kepala sekolah dari Rao Selatan.

Kepala Dinas Pendidikan Pasbar, Drs Marimus  membenarkan bahwa memang kewengan mutasi kepala sekolah SMA / SMK sudah menjadi kewenangan pemerintah provinsi sejak 2017 yang lalu. Namun tentunya menurut Mantan Kepala SMK N 1 Lembah Melintang ini, melaluiproses tahapan seleksi, penilaian kinerja dan testpemetaan oleh DInas Pendidikan Sumbar.

“Banyak sebenarnya kepala sekolah SLTA yang mampu di Pasbar, namun belum ada yang memenuhi syarat, “ujarnya
Tidak memenuhi syarat maksud Marimus adalah tidak lulus tes kepala sekolah. Hal ini dikarenakan tidak memperoleh nilai pemetaan yang memenuhi standar yakni minimal 6.2.

          Ditambahkannya, karena  adanya pergantian beberapa orang kepala sekolah tersebut, maka kepala kepala SMK di Pasbar jelasnya dapat menyusun kembali kepengurusan MKKS dan menyusun program ke depan sesuai hasil musyawarah nantinya.

Sebelumnya, pergantian Kepala SMAN dan MKN tersebut dilantik oleh GubernurSumbardiaudiotorium Rumah Dinas  Gubernur. Dihadiri langsung oleh Gubernur, Irwan Prayitno, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Drs. Burhasman MMpara Kabid, kasi, Calon kepala SMAN dan SMKN se Sumatera Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Disnas Pendidikan Sumbar menyampaikan, Pelantikan Kepala Sekolah SMAN, SMKN seluruhnya sebanyak 372 orang. Untuk tahap 1 dilantik sebanyak 103 orang.

Pelantikan dan pengambilan sumpah para kepala sekolah tersebut jelanya, didahului dengan seleksi tes kompetensi yang diikuti kepala sekolah yang sudah menjabat  2 periode di sekolah yang sama dan guru promosi. (irz)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.