Header Ads

jasa

Lansia dan Disabilitas di Pariaman Terima Program PKH



Pariaman kota,canangnews--- Lansia dan Disabilitas tahun ini bakal menerima bantuan melalui Program Keluarga Harapan  dan Rastra (Beras Keluarga Sejahtera) disalurkan pada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) secara berkesinambungan hingga akhir tahun,
Demikian dikatakan Kabid Rehabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial Fajri Jafar di ruang kerjanya pada Selasa (6/3).
"Rastra tahap I 2018 telah kita bagikan pada akhir Februari lalu kepada 2.983 KPM menerima 10 Kg/KK dengan total beras sebanyak 29,83 ton," sebut Fajri.
Sedangkan tahap II telah sampai di ke-4 Kecamatan Tengah, Utara, Selatan dan Timur selanjutnya akan didistribusikan ke Desa/Kel. Yang ada dengan jumlah KPM sama termasuk berasnya.
"Memang sedikit ada keterlambatan, dikarenakan karena kendala administrasi. Karena informasi pihak Dinas dan Bulog berbeda, yang mana tahun sebelumnya di drop hanya sampai tingkat Kecamatan saja, namun sekarang langsung di distribusiakn ke kantor Desa/Kelurahan," tuturnya.
Adapun data KPM di Pariaman Selatan berjumlah 647 KK/KPM, Pariam Timur 697 KPM/KK, Pariaman Utara 984 KK/KPM dan Pariaman Tengah 655 KK/KPM.
"Kualitas beras itu Medium penyalurannya diawasi oleh pendamping atau TKSK, sedangkan beras rusak tidak ada ditemukan, cuma yang terjadi beras berbau sebanyak 18 karung di karenakan terlambat diambil oleh KPM di Desa Kampung Kandang," ungkapnya.
Sedangkan untuk PKH (Program Keluarga Harapan) di tahun ini bertambah jadi 1.301 KPM dari tahun sebelumnya hanya 1.206 KPM.
"Bedanya jika PKH di tahun 2013 hingga 2017 penerima hanyalah keluarga kurang mampu yang memikiki ibu hamil, balita dan anak dengan rincian pembayaran dihitung setiap anak contohnya SD Rp 500.000, SMP 750.000, SMA 1 Juta/orang," papar Fajri.
Sedangkan di tahun 2018 kriteria KPM PKH ditambah kategorinya yaitu Lansia (Lanjut Usia) dan disabilitas.
"Terhitung tahun ini KPM PKH tidak dibayarkan per orang tapi per KK/KPM dengan nominal Rp 2 juta/ tahun merata, dengan 4 x pengambilan, melalui rekening masing2 yang telah di tetapkan  Kemensos RI," tutup Fajri. (man/tya)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.