Header Ads

jasa

Razia Kesekolah, Dikpora bersama Satpol PP Sita Puluhan HP Siswa

      Razia smartphone oleh Satpol PP Pariaman, Kamis, (22/2).
Pariaman,canangnews - Dalam rangka menekan penyalahgunaan Smartphone oleh siswa Satpol PP Kota Pariaman gelar razia di beberapa sekolah, Kamis (22/2) pagi.
Kadis Pol PP dan Damkar Kota Pariaman Handrizal Fitri mengatakan, razia dalam rangka pengawasan penggunaan Smartphone oleh siswa sekolah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Pariaman.
"Razia pertama kita lakukan di SMP N4 Rawang pada pukul 09:00 WIB, setelah mendapatkan izin dari pihak sekolah, kita berhasil mengamankan sebanyak 13 hp android dari siswa," sebutnya.
Ia mengungkapkan bahwa di SMP 4 penggunaan smartphone bagi siswa memang dilarang dan jika ditemukan maka akan ditahan oleh sekolah selama 6 bulan.
"Kemudian razia dilanjutkan ke SMA N5 Pariaman, namun setelah berkoordinasi dengan Wakil kepala sekolah ternyata di sana penggunaan hp android bagi siswa diperbolehkan dalam PBM mata pelajaran TIK," terang Handrizal.
Diluar dugaan katanya, sebelum merazia ke dalam lokal sekolah, petugas Pol PP telah menemukan hp bermacam merek sebanyak satu kardus di sebuah warung.
"Setelah kita konfirmasi ke pihak warung ternyata hp tersebut memang sengaja disimpan siswa di situ, artinya razia kita bocor," tutur Handrizal.
Tidak hanya di warung tapi juga di toilet. "Kalau siswa ini merasa tidak bersalah kenapa mereka menyembunyikannya, dan setelah kita periksa lagi ternyata masih ada sekitar 80 hp android yang kita amankan dari dalam lokal siswa," pungkasnya.
Namun, karena penggunaan smartphone di SMA N5 diperbolehkan, maka petugas Satpol PP menyerahkannya kembali melalui pihak sekolah. "Kita serahkan kesekolah untuk diperiksa dan membina siswanya, dan ketika ditemukan hp ini semua dalam keadaan mati, jadi tidak bisa dibuka kontennya karena terkunci," sambungnya lagi.
Sedangkan Smartphone yang diamankan melalui siswa di SMP N4, maka orang tua siswa akan dipanggil dan dilakukan pembinaan bagi siswa bersangkutan.Handrizal mengatakan akan melakukan razia secara berkesinambungan untuk menekan penyalahgunaan Smartphone oleh siswa di sekolah.

Sementara itu kepala dinas pendidikan pemuda olahraga Drs Kanderi mengatakan  untuk menghindari perbuatan yang tidak di inginkan  dan sebagaimana masukan beberapa kalangan masyarakat maka kami melakukan sidak bersama Satpol PP ke sekolah  guna untuk antisipasi hal hal  yang tidak diinginkan  makanya untuk menghindari hal tersebut secara berkala kita akan turun kesekolah untuk menertiban  (man/ad)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.