Ny. Nevi Irwan Prayitno monitoring Dasawisma

0




Pariaman.canangnews --- Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno bersama Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumbar Efendi lakukan monitoring kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kelompok Dasawisma Lilin Desa Kampuang Kandang Kec. Pariaman Timur Kota Pariaman, Selasa (6/1) siang.
Kedatangan Ny. Nevi tersebut disambut langsung Ketua TP-PKK Kota Pariaman Ny. Reni Mukhlis didampingi Ketua Dharmawanita Ny. Kartini Indra dan jajaran pengurus PKK. Hadir dalam monitoring tersebut Kepala Dinas Pertanian Kota Pariaman Agusriatman, Camat Pariaman Timur Hendri didampingi Ketua Tim PKK Kec. Pariaman Timur, Kades Kampuang Kandang Aguslim dan tokoh masyarakat Desa Kampuang Kandang.
Ny. Nevi Irwan Prayitno harapkan Penyelenggaraan KRPL ini dengan mengoptimalkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan keluarga dan gizi keluarga serta mampu membemberdayakan kemampuan kelompok wanita membudayakan pola konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang, Aman dan Sehat (B2SAH), termasuk kegiatan usaha pengolahan pangan rumah tangga untuk menyediakan pangan yang lebih beragam.
" Turunnya gejolak ekonomi masyarakat itu disebabkan karena pangan, tetapi karena inflasi daerah mengibatkan semua harga kebutuhan rumah tangga menjadi naik, tinggal para kelompok dasawisma untuk mampu mengoptimalkan lahan pekarangan khususnya lahan pekarangan di depan rumah dengan pemanfaatan sebagai upaya membantu menambah nilai ekonomi keluarga," ujar Ny. Nevi.
Serta, sambung Ny. Nevi mampu sebagai jaminan kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan Beragam, Bergizi Seimbang, Aman dan Sehat (B2SAH).
Ny. Nevi memberikan apresiasi dan menilai bahwa Kelompok Dasawisma Lilin Desa Kampuang Kandang telah memanfaatkan bantuan yang diberikan pemerintah yang terlihat dari pemanfaatan pekarangan yang dikelola melalui pendekatan terpadu berbagai jenis tanaman, perikanan sehingga terjamin ketersediaan bahan pangan beraneka ragam secara terus menerus dan mampu memenuhi gizi keluarga.
Sedangkan Ketua TP-PKK Kota Pariaman Ny. Reni Mukhlis menyampaikan bahwa kegiatan KRPL ini sudah digalakkan sejak tahun 2012 sampai sekarang yang bersumber dengan bantuan dana APBN dan APBD Kota Pariaman.
" Hal ini menjadikan Dasawisma menjadi ujung tombak yang mampu berperan strategis dengan sasaran pecapaian 10 program PKK dan program pemerintah. Pemanfaatan lahan pekarangan sangat bermanfaat bagi pemenuhan pangan keluarga yang selalu disupport melalui sosialisasi yang telah digelar oleh PKK Kota Pariaman secara berkelanjutan," ujar Ny. Reni Mukhlis.

Ia menambahkan, alasan dilakukan monitoring di Kelompok Dasawisma Lilin Desa Kampuang Kandang ini, kelompok ini mampu menyeimbangi dengan teknolgi dari hasil tanaman seperti adanya sebuah rumah yang dijadikan tempat pengolahan minuman jahe siap saji yang bermanfaat bagi kesehatan.(h/ty)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top