Header Ads

jasa

Kunjungi RTLH, Wakil Bupati Suhatri Bur Tawarkan Solusi Rehabilitasi


Wakil Bupati Suhatri Bur (bersafari biru) mengunjungi RTLH bersama Ir Alfian (foto Satrio Sikumbang) 

Ulakan Tapakih, CanangNews – Mendapat informasi yang menyebutkan ada keluarga yang bermukim di rumah tidak layak huni (RTLH), Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman langsung meluncur menuju lokasi. Informasi tersebut disampaikan warga ketika dia sedang makan siang, Selasa (13/2/2018), di sebuah kedai nasi di Pasar Kampuang Galapuang.

“Rumah tersebut berada tidak begitu jauh dari kedai ini, Pak Wabup, tepatnya berlokasi di Korong Kampuang Baruah,” ujar Tokoh Masyarakat setempat – Uncu Syahrial – menyampaikan laporan.

Sewaktu dikunjungi Wabup Suhatri Bur, pemilik RTLH – Pasangan Suami-Isteri (Pasutri) Syafaruddin (52 tahun) dan Mayulis (43 tahun) menampakkan wajah penuh harap rumahnya akan diperbaiki (rehabilitasi). Sembari menggendong putra bungsunya yang berumur dua tahun, Mayulis menceritakan perasaiannya hidup bersempit-sempit dalam rumah mirip bedeng berukuran lebar (kiri – kanan) sekitar 5 meter dengan panjang muka – belakang) sekitar 3 meter.

Rumah bedeng sekecil itu disekat sekadarnya menjadi dua ruangan yang tampak gelap dan pengap. Dalam dua ruangan itulah Syafaruddin dan Mayulis tidur malam bersama lima orang anaknya, dua perempuan dan tiga laki-laki. Putri sulung baru saja tamat Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Persada Ulakan.

Wartawan Posmetro Efanuza (berbaju merah) ikut mendampingi Wabup Suhatri Bur ke lapangan. (foto Satrio Sikumbang) 

Menyikapi kondisi miris itu, Wabup Suhatri Bur menawarkan solusi rehabilitasi dengan mengajukan permohonan bantuan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Padang Pariaman. Untuk keperluan membuat surat permohonan – termasuk rekomendasi Walinagari Kampuang Galapuang – Wabup meminta bantuan Uncu Syahrial.

Selain memanfaatkan dana bantuan Baznas nanti, Wabup juga meminta masyarakat setempat bergotong-royong dalam memperbaiki rumah Mayulis – Syafaruddin. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.

Kepada Pasutri Mayulis – Syafaruddin dan anak-anak mereka, Wabup Suhatri Bur mengingatkan agar rajin menunaikan shalat lima waktu dan berdoa memohon pertolongan Allah Yang Mahakaya. Sebab, tanpa pertolonganNya, apapun yang dharapkan dan diusahakan tidak akan berhasil.

Sebelum pamit, Wabup Suhatri Bur tampak menyerahkan sejumlah uang ke tangan Mayulis. “Untuk tambahan pembeli beras,” katanya.

Tindakan tersebut diikuti Pimpinan Asuransi Himalaya Pelindung, Ir Alfian, yang makan siang bersama Wabup Suhatri Bur lalu ikut meninjau RTLH. Alfian terlihat menyelipkan beberapa lembar uang seratus ribu rupiah ke genggaman Mayulis. (ZT)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.