Header Ads

jasa

Pemkab Padang Pariaman Gelar Shalat Gerhana Bulan (Khusuf) Berjamaah


Paritmalintang, CanangNews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman bersama Pengurus Masjid Jannatussalam Nagari Sungai Buluh, Kecamatan Batang Anai, merencanakan penyelenggaraan Shalat Khusuf atau Gerhana Bulan secara berjamaah, Rabu (30/01/2018) besok malam.

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni mengungkapkan rencana tersebut di sela-sela launching Logo dan Maskot Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar XV di Aula Kantor Bupati – Paritmalintang, kemaren.

"Shalat Gerhana Bulan tersebut akan diselenggarakan di Masjid Jannatussalam Nagari Sungai Buluh, Kecamatan Batang Anai bersama-sama Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Padang Pariaman dan masyarakat sekitar masjid," ujarnya.

Menurut rencana, Shalat Khusuf yang diawali Shalat Isya itu akan diimami Ustadz Adek Flores LC yang juga imam tetap Masjid Jannatussalam. Sedangkan tausiyah akan disampaikan oleh Masrijal Habib, SAg MA, Kepala Seksi Syari’ahKantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman.

Menurut Ali Mukhni, Shalat Khusuf berjamaah dilaksanakan sebagai bentuk taqwa dan tawadhu kepada Sang Pencipta – Allah Yang Mahaagung – yang telah mengatur alam ini dengan penuh keajaiban fenomena alam.

"Kita saksikan bersama-sama begitu banyak fenomena alam yang terjadi silih berganti, itu menunjukkan ke-Mahabesar-an Allah Subhannahu Wa Ta’ala terhadap ciptaanNya," katanya penuh takjub.

Coba lihat, katanya melanjutkan, ada gerhana matahari, gerhana bulan, kedatangan meteor, hujan meteor, dll. "Itu semua kita ambil hikmahnya, pelajaran pada diri kita untuk meyakini kebesaran Allah. Tidak ada yang tidak mungkin dilakukan Allah," katanya lagi.

"Untuk itu, mari kita syukuri fenomena alam yang terjadi dengan berprasangka baik kepada Tuhan pencipta alam ini dengan bersujud di masjid atau di surau secara berjamaah," ajaknya.


Dalam hitungan waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), proses gerhana bulan total akan terkadi pada 31 Januari yang dimulai pada jam 18.48. Fase gerhana totalnya akan berlangsung pada jam 19.52 sampai 21.08 WIB. (H / ZT) 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.