Header Ads

jasa

Pilkada Pariaman, Deklarasi Pengawasan Menolak Politik Uang

Penandatanganan naskah deklarasi menolak politik uang

Pariaman, CanangNewsBerbagai kalang melakukan deklarasi pengawasan menolak politik uang. Deklarasi ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah, penyelenggara pemilihan umum (pemilu), organisasi kemasyarakatan, pemilih pemula, media massa dan masyarakat pada umumnya.

Pernyataan tersebut dikemukakan oleh Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Pariaman Elmahmudi, Kamis (21/12/2017) dalam sambutannya pada rangkaian kegiatan deklarasi pengawasan pemilihan kepala daerah serentak (pilkada) serentak 2018 mendatang di aula Pemko Pariaman.

"Tujuannya agar memastikan agenda demokrasi Pemilu berjalan dengan baik serta dapat dikawal secara bersama, karena Pilkada adalah pesta rakyat," katanya.

Ia menjelaskan setelah adanya bentuk deklarasi tersebut maka pihak terkait terutama Panwaslu Pariaman akan lebih mudah dalam mengawasi jalannya penyelenggaraan Pemilu.

Sebagai contoh ujar dia, Panwaslu bisa menyosialisasikan, pencegahan dan penindakan secara terbuka ke berbagai organisasi kemasyarakatan karena telah memiliki kesepakatan bersama.

Selain mendeklarasikan pengawasan pilkada serentak 2018, pemerintah daerah bersama pemangku kepentingan di Kota Pariaman juga menolak politik uang.

Sebelum adanya deklarasi tersebut pihak Panwaslu Pariaman telah mengadakan beberapa tahapan sosialisasi diantaranya kepada pemilih pemula, pemangku kepentingan, dan media massa termasuk mengadakan Focus Group Discussion.

Ia mengingatkan dan menegaskan bahwa barang siapa yang terlibat dalam politik uang maka dapat dijerat berdasarkan peraturan hukum yang berlaku.

Hal tersebut kata dia, merujuk pada Undang-Undang nomor 10 tahun 2016, baik pemberi maupun penerima dikenakan sanksi atau hukuman.

Sementara Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan pengawasan pilkada serentak 2018 merupakan tanggungjawab bersama dalam mencari pemimpin masa depan.

Mukhlis mengingatkan, ASN harus bersifat netral dalam menyukseskan Pilkada, pihaknya juga berharap masyarakat dapat memilih pemimpin yang lebih baik dari periode sebelumnya.

Deklarasi ini ditandai dengan penandatanganan oleh utusan pendeklarator yang dihadiri puluhan peserta. (ikhlas)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.