Header Ads

jasa

Rumah Pintar Pemilu Sebagai Media Pembelajaran



Pariaman .Canangnews---Sebagai media pembelajaran dalam menunjang pemilu kepala daerah kota Pariaman dan Pilek serta Pilpres sebagai sarana dalam demokrasi perlu kiranya wawasan tentang pemilu sangat perlu sekali .
Untuk mewujudkan wahana tersebut pihak KPU kota Pariaman melounching Rumah PintarPemilu (RPP) di kota Pariaman serta dimulainya tahapan pilkada maka RPP tersebut diresmikan oleh KPU RI di Air Santok kecamatan Pariaman Timur pada Sabtu yang lalu

 Dalam sambutannya, Wako Pariaman  Mukhlis Rahman menyampaikan bahwa RPP  nantinya mampu membuat masyarakat jadi lebih paham tentang aturan-aturan Pemilu dengan memberikan informasi tentang kegiatan-kegiatan Pemilu yang sudah dilaksanakan maupun yang akan datang, selain itu RPP bertujuan untuk menjawab dan meminimalisir gesekan-gesekan akibat ketidakpahaman masyarakat akan aturan Pemilu.

“ Kita berharap keberadaan rumah pintar KPU ini mampu menjawab kebutuhan pemilih dalam upaya membentuk nilai demokrasi dan kecerdasan terhadap pemilih dalam meraih pemimpin yang berkualitas, setidaknya memperkecil tingkat golput sehingga mampu mencapai target 80% suara,” singkat Wako Pariaman.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Wahyu Setiawan menjelaskan rumah pintar pemilu yang dibangun untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu.

" Untuk meningkatkan partisipasi tersebut KPU membuat program sosialisasi dan pendidikan pemilih, terutama dibangunnya rumah pintar pemilu, tugas KPU hanya dua, pertama adalah melayani pemilih menggunakan hak politiknya, kedua melayani peserta pemilu secara adil dan setara,” tukas Wahyu.

Ia juga berharap agar RPP lebih efektif dan dikenal masyarakat, nama RPP ini boleh diberi nama kedaerahan atau tokoh yang berasal dari daerah, misalkan saja seeperti RPP “Husni Kamil Manik” yang merupakan tokoh KPU RI dari Sumbar yang telah wafat.

Lebih lanjut, Wahyu Setiawan memberi apresiasi yang luar biasa terhadap Wako Pariaman Mukhlis Rahman yang telah dua periode menjabat walikota, pasalnya ,menurut wahyu walaupun Mukhlis Rahman tidak lagi bisa mencalonkan diri sebagai walikota namun dukungan secara tulus tetap mengalir terhadap demi suksesnya pelaksanaan Pilkada di Kota Pariaman.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Pariaman Boedi Satria menjelaskan keberadaan RPP Kota Pariaman sudah memenuhi standar rumah pintar, yakni ketersediaan ruang audio visual, simulasi, display dan forum grup diskusi yang dinilai sangat membantu dan memudahkan tugas KPU Kota Pariaman sebagai penyelenggara Pemilu.[Ad]

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Maliketh. Diberdayakan oleh Blogger.