Header Ads

jasa

LAN RI Akan Bangun Tiga Lembaga Pendidikan di Kawasan Tarok City

Bupati Ali Mukhni mempresentasikan Kawasan Tarok City

Jakarta, CanangNews -- Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) Dr Adi Suryanto MSi menytakan keinginannya untuk mendirikan tiga lembaga pendidikan di Kawasan Tarok City. Keinginan itu dia kemukakan kepada Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni di Ruang Pertemuan LAN RI, Jalan Veteran, Jakarta, Jumat (16/6/2017).

"Setelah mendengarkan pemaparan dan tayangan video presentasi Pak Bupati, kami tertarik untuk mendirikan tiga lembaga pendidikan milik LAN di Tarok City," katanya kepada Bupati Ali Mukhni dan rombongan.

Ketiga lembaga yang hendak didirikan LAN RI tersebut adalah Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Sipil Negara (Diklat ASN), Diklat Assesment dan Politeknik Administrasi Negara.

Assessment adalah suatu proses untuk mengetahui kemampuan seseorang, terhadap suatu kompetensi, berdasarkan bukti-bukti (red)

Menurut Adi yang didampingi Sekretaris Utama LAN RI Sri Hadiati Woro Kustriani SH MBA dan beberapa orang Deputi dan Kepala Pusat di lingkungan LAN RI, lembaga yang dia pimpin mengemban misi memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan kapasitas aparatur dan sistem administrasi negara. Hal itu bertujuan untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik, melalui pengembangan inovasi administrasi negara; pengkajian kebijakan; pembinaan dan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan aparatur negara; pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi administrasi.

Berfoto bersama setelah presentasi

Untuk mewujudkan misi tersebut, jelas Adi, LAN RI butuh banyak lembaga pendidikan peningkatan kompetensi dan kualitas ASN seluruh Indonesia.

"Saat ini kami memiliki tujuh lembaga pendidikan yang tersebar di lima daerah di Indonesia. Selain itu terdapat empat Pusat Kajian, Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) di Bandung, Makassar, Samarinda dan Aceh serta tiga Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) di Bandung, Jakarta dan Makassar," tutur Adi yang sudah dua tahun menjabat sebagai kepala LAN RI.

Jika rencana pembangunan di Tarok City terealisir, katanya lagi, maka akan menjadi lembaga pendidikan LAN kedua di Sumatera setelah Aceh dan menjadi yang pertama di Indonesia di mana ada tiga lembaga pendidikan milik LAN dalam satu kawasan.

Bupati Ali Mukhni dan Kepala LAN RI Adi Suryanto salam komando atas kesepakatan yang disetujui

Adi meminta waktu kepada Bupati Ali Mukhni untuk mengkaji dan menyusun kelembagaan lembaga pendidikan yang akan dibangun di Tarok City karena dua lembaga yang akan didirikan merupakan lembaga baru dan terobosan dari LAN RI.

Bupati Ali Mukhni yang didampingi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Sumbar Dr Ir Reti Wafda MTP, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Padang Pariaman Ir Ali Amran MP dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Andri Satria Masri SE ME datang ke Jakarta atas undangan Kepala LAN RI terkait rencana hibah tanah di Kawasan Tarok City untuk LAN RI.

Menurut Ali Mukhni, Kepala LAN RI mengundang dia untuk menindaklajuti pembicaraan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni dengan Menteri PAN RI Asman Abnur terkait dengan rencana hibah tanah untuk pendirian Politeknik oleh Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman kepada LAN RI.

"Kami sudah siapkan 100 hektar lahan untuk LAN RI dengan sertifikat gratis dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Padang Pariaman," ungkap Ali Mukhni kepada Adi dan pejabat di lingkungan LAN RI.

Bupati Ali Mukhni bincang-bincang dengan seorang pejabat LAN RI didampingi Kepala Badan Litbang Sumbar Dr Ir Reti Wafda MTP

Tawaran hibah tanah disambut gembira oleh LAN RI. Namun, setelah pihaknya menghitung kebutuhan, Adi Suryanto menyatakan cukup 45 hektar saja. Adi pun berjanji akan secepatnya menindaklanjuti rencana pendirian lembaga pendidikan LAN di Tarok City.

"Kalau semuanya mendukung, tahun 2017 ini juga kita realisasikan. Tanggal 4 Juli nanti, akan kami kirim staf untuk meninjau ke Tarok City," kata Adi menutup pembicaraannya.

Berfoto di depan gedung LAN RI usai presentasi

Mendengar hal tersebut Ali Mukhni mengucap syukur atas kesediaan LAN RI menyambut tawaran Pemkab Padang Pariaman.


"Alhamdulillah, pihak LAN RI menyambut baik tawaran ini. Dengan berdirinya lembaga pendidikan ASN di Padang Pariaman akan menjadikan Kawasan Tarok City sebagai lembaga pendidikan LAN RI yang kedua setelah Aceh dan menjadi pertama di Indonesia tiga lembaga pendidikan milik LAN sekaligus di satu kawasan," ungkap Ali Mukhni  terlihat bahagia. (zast

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.