Header Ads

jasa

Sosialisasi Serologi Frambusia Dihadiri Narasumber Kemenkes RI

Sekdakab Jonpriadi membuka sosialisasi, didampingi Rita (kiri) dan Jasneli (kanan) 

Pariaman, CanangNews Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman menggelar Pertemuan Advokasi dan Sosialisasi Pelaksanaan Survey Serologi Frambusia. Kegiatan itu bertempat di Hotel Nan Tongga – Pariaman, Selasa - Rabu (7 - 8/2/2017), dibuka Sekdakab Jonpriadi SE MM mewakili Bupati Ali Mukhni dan dihadiri oleh Camat dan Kepala Puskesmas (Kapus) serta unsur terkait.

Bupati dalam kata sambutannya yang dibacakan oleh Sekdakab Jonpriadi menyambut baik kegiatan tersebut. “Frambusia adalah penyakit kulit yang disebabkan kuman treponema pertenue. Penyakit ini masih menjadi masalah kesehatan terbesar di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Padang Pariaman,’’ tutur Jonpriadi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman yang diwakili dr Jasneli MARS melaporkan, kegiatan sosialisasi itu dihadiri narasumber dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Dr Rita Djupuri MEpid dan Ridwan Wahyudi dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar. 

Tanda-tanda dari penyakit frambusia adanya lesi primer pada kulit berupa kutil (papiloma), bisa pada muka dan anggota gerak, terutama kaki. “Lesi ini tidak sakit dan bisa bertahan sampai berbulan-bulan, menyebar membentuk lesi yang khas berbentuk buah frambusia dan terjadi luka terbuka,’’jelas Jasneli.

Ia menambahkan, stadium lanjut dari penyakit ini berakhir dengan kerusakan kulit dan tulang, dapat menimbulkan kecacatan kalau tidak di obati dan umumnya menyerang anak-anak berusia di bawah 15 tahun.


“Sosialisasi ini merupakan forum koordinasi dan komunikasi kegiatan survei kepada petugas puskemas . Untuk itu kepada peserta sosialisasi agar dapat mengikuti dengan seksama seluruh kegiatan ini,’’pungkasnya. (zast / imran)

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh Leontura. Diberdayakan oleh Blogger.