Kadisnak Keswan Zulkhailisman: Kebutuhan Hewan Qurban Terpenuhi

0
Parikmalintang, CanangNews - Kebutuhan hewan qurban seperti sapi dan kambing untuk Kabupaten Padang Pariaman mencukupi. Bahkan, peternak di daerah ini memasok ke daerah lain seperti Kota Padang dan Pekanbaru.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Kadisnak Keswan) Kabupaten Padang Pariaman Zulkhailisman SPt MSi mengemukakan hal itu ketika menjawab pertanyaan wartawan di Kantor Bupati - Parikmalintang, Senin (10/6/2024).

Untuk memastikan kesehatan hewan qurban, lanjut dia, pihaknya melakukan pengawasan di pasar-pasar ternak dan kandang penampungan. "Dalam ini, kami menurunkan petugas keswan ke semua wilayah penyedia dan pemasok hewan qurban, masing-masing dipimpin oleh dokter hewan, paramedik dan petugas kecamatan," ujar Zulkhailisman.

Ia menyebutkan, data qurban tahun 2023 lalu terdiri dari sapi 1600 ekor dan kambing 350 ekor. Diperkirakan tahun ini sapi 1800 ekor dan kambing tetap.

Video youtube 

Dihubungi secara terpisah, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kabid Keswan dan Kesmavet) Drh Devi Yanti MSi menambahkan, pihaknya melakukan pemeriksaan hewan qurban untuk memastikan hewan-hewan dimaksud sehat dan layak.

Ia mengimbau panitia-panitia qurban di masjid, mushala dan surau agar teliti ketika membeli hewan qurban. (ZT)

Video youtube

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top