Fika Warda Hanum Raih Juara 1 Duta Genre Puteri Tingkat Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2024

0
           Catatan Aljuffri Chaniago

ParitmalintangCanangNews - Tahukah Anda apakah yang dimaksud dengan GenRe? Ya. GenRe alias Generasi Berencana adalah program yang bertujuan mengedukasi dan memberikan informasi kepada remaja Indonesia agar menjadi generasi yang punya perencanaan kehidupan yang matang. Program ini membidik remaja dan generasi muda di bawah usia 40 tahun (perempuan 21 tahun, laki laki 25 tahun).

Sebagaimana nama yang tertera pada judul, Fika Warda Hanum adalah seorang puteri terbaik dari Kecamatan Batang Gasan yang lahir di Medan pada tanggal 21 April 2004. Alumni di SDN 01 Batang Gasan, SMPN 02 Batang Gasan, SMAN 01 Batang Gasan ini kini sedang menempuh pendidikan lanjutan sebagai Mahasiswi di UIN M Jamil Jambek Kota Bukittinggi. Anak bungsu dari tiga bersaudara dan Ibunya bernama Muliati yang berdomisili di Korong Tanjung, Nagari Gasan Gadang, Kecamatan Batang Gasan, Kabupaten Padang Pariaman. 

Sebagai Perwakilan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kecamatan Batang Gasan, Fika menorehkan prestasi gemilang. Dalam acara pemilihan Duta GenRe Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2024. Duta GenRe Puteri Kecamatan Batang Gasan, Fika Warda Hanum berhasil menyabet juara pertama dan akan mewakili Kabupaten Padang Pariaman dalam iven tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan berlangsung pada bulan Agustus 2024 nanti bersama pasangan puteranya yang bernama Naufal Ahmadani.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Padang Pariaman dengan grand final berlangsung di Aula Kantor Bupati - Parikmalintang. Senin (03/06/2024). 

Ajang Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Padang Pariaman ini diikuti oleh 30 peserta, terdiri dari 17 orang puteri dan 13 orang putera dari seluruh Kecamatan se-Kabupaten Padang Pariaman.

Kegiatan ini dinilai oleh tim penilai di antaranya Haikal Aksara (Duta GenRe Favorit Indonesia), Panji Reformasi, Dra Elfi Delita MFarm Apt., Ny. Yusrita Suhatri Bur (Bunda GenRe Kabupaten Padang Pariaman) dan lainnya.

"Selamat dan sukses untuk Fika Warda Hanum yang telah membanggakan orangtua dan keluarga, bahkan masyarakat Nagari Gasan Gadang, Kecamatan Batang Gasan, pada ajang Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2024 ini. "Kata Kepala DPPKB Kabupaten Padang Pariaman Dra Elfi Delita MFarm Apt.

Menurutnya, Duta GenRe merupakan ajang pemilihan remaja putera puteri untuk figur teladan serta motivator di kalangan remaja yang nantinya berperan memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi. Selain itu, juga menciptakan remaja yang bebas narkoba, seks bebas, dan HIV/AIDS.

Ia mengingatkan, Duta GenRe diharapkan mampu memberikan sosialisasi dan edukasi untuk pendewasaan usia pernikahan (PUP) dan persiapan menjadi orang tua hebat serta menerapkan delapan fungsi keluarga. Peran Duta GenRe juga dibutuhkan untuk program percepatan penurunan angka stunting di wilayah Kabupaten Padang Pariaman, sehingga pencegahan stunting harus dimulai dari remaja, karena remaja pastinya akan menjadi orangtua.

Di tempat terpisah, Camat Batang Gasan, Edison S Sos beserta jajaran juga menyatakan bangga dan bersyukur akan prestasi yang telah diraih oleh puteri terbaik Batang Gasan. 

"Selamat dan sukses kepada Fika Warda Hanum, semoga Ananda Fika sehat selalu, sehingga dapat maju sebagai utusan Kabupaten Padang Pariaman di Iven Duta GenRe tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan datang." katanya.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur (Ayah GenRe) dan Ketua TP-PKK Kabupaten Padang Pariaman Yusrita (Bunda GenRe) menyatakan harapan agar seluruh Duta GenRe di Kabupaten Padang Pariaman bisa mengajak remaja supaya tangguh, cerdas dan berkualitas untuk mewujudkan Padang Pariaman yang lebih berjaya menuju Indonesia Emas di tahun 2045. (ZT)


Baca juga 


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top