Makan Bajamba di SMKN 8 Sijunjung

Pilot Canang Sumbar
0
Dokumentasi acara perpisahan Siswa/i Smkn 8 Sijunjung, Manganti Sumpur Kudus


Sijunjung, canangnews.com_07/05/24 Pagi ini udara dingin sekali karena semalam diguyur hujan, jam 4.00 alarmku bergetar membuatku terbangun dari lelapnya tidur, ku coba duduk sambil berdoa terus ku melangkah menuju bilik kecil untuk bersuci, lalu ku hamparkan sajadah kecil ku menghadap padaNYA.


Setelah itu ku tuangkan air ke dalam teko listrik untuk meracik segelas kopi rangkiang penghangat badan. Setelah sholat subuh dan sarapan ku berangkat ke sekolah sampai di sekolah jam 7.00 pagi, karena hari ini akan ada acara pelepasan siswa kelas 12.


Sampai di sekolah ku lansung menuju tempat acara, sambil melihat dan mengamati apakah persiapan sudah ready. Tak lama tiba-tiba datanglah seorang ibu-ibu dengan bawaan di atas kepalanya (membawa jamba) lansung saya abadikan.


Jamba adalah wadah atau tempat buat nasi yang diletakkan di atas talam, nampan loyang atau dulang yang bisa dimakan oleh 4 atau 6 orang tamu yang datang. Makan bajamba artinya makan bersama dalam satu talam, namun ada juga yang disantap dengan piring.


Tahun ini 2024 SMKN 8 Sijunjung yang terletak di Nagari Manganti Sumpur Kudus menyelenggarakan acara perpisahan siswa/i yang sudah selasai mengikuti ujian (Tamat) ini angkatan ke III dengan jumlah siswa/i 31 orang dari 2 bidang keahlian Perhotelan dan Pariwisata.


Kata sambutan Putri Andam Dewi, M.Pd Kepala SMKN 8 Sijunjung di hadapan para undangan


Alhamdulillah lulus 100% dengan harapan setelah ini mereka akan terjun ke dunia kerja dengan bekal yang sudah mereka terima selam 3 tahun di Smkn 8 Sijunjung, dari pantauan saya sebagian memang ada yang lansung bekerja, kuliah dan kuliah sambil bekerja.


Kegiatan ini dihadiri oleh Siswa, Wali Murid, Guru, Pemerintah Nagari, Dinas Pendidikan, serta para tokoh Masyarakat yang ada di Nagari Manganti, kegiatan dimulai jam 9.00 wib berakhir sampai zuhur jam 12.30 wib, terakhir ditutup dengan sholat dan makan bajamba.


Acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur''an yang dibacakan oleh Deang Nurfaiza Siswi Smkn 8 Sijunjug, doa oleh Andika Pratama siswa smkn 8 Sijunjung kemudian dibuka secara resmi oleh Ibu Kepala SMKN 8 Sijunjung, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, dari Wali Nagari Manganti Darul Fauzi, S.Sos, perwakilan dari Wali Murid bpk Musriadi.


Dasrizal Pimpinan HRD Axana Hotel Padang memberikan Materi Peluang dan tantangan dunia kerja


Acara ini juga dihadiri oleh Bpk Dasrizal sebagai Pimpinan HRD Axana Hotel Padang serta Ibu Afilia Monalisa dari PT Duta Pesona Padang sebagai Narasumber beliau memberikan pemahaman kepada orang tua/wali murid tentang peluang dan tantangan dunia kerja, akan ke mana kelak anak-anak kita ini setelah tamat dari sekolah.


SMKN 8 Sijunjung Bisa, sekolah yang baru berdiri sejak 2018 ini (sibungsu) siap maju, jauh dari pusat kota tak menyurutkan semangat mereka untuk tetap belajar, berkarya, untuk meraih cita-cita demi masa depan yang lebih ceria, selamat anak-anakku semoga bahagia hidupmu Aamiin.


(Pardi Syahri, Guru SMKN 8 Sijunjung)


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top