DPRD BUKITTINGGI Sampaikan Rekomendasi Atas LKPJ Wali Kota Tahun Anggaran 2023

Nasrun
0


Anggota DPRD Bukittinggi, Asril, serahkan rekomendasi atas LKPJ Wali Kota Bukittinggi


BUKITTINGGI, Canangnews- DPRD Bukittinggi menggelar sidang paripurna tentang Penyampaian Rekomendasi DPRD Atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Bukittinggi Tahun Anggaran 2023. Rapat diadakan di Aula Kantor DPRD Bukittinggi, pada Senin (22/4/2024).


Ketua DPRD Kota Bukittinggi, Beny Yusrial dalam pembukaannya, mengatakan, masing-masing Pansus telah melakukan pembahasan secara intensif, bersama dengan pemerintah daerah serta perangkat daerah terkait.


"Melaporkan hasil pembahasannya, serta merumuskan draft rekomendasi yang disampaaikan pada rapat gabungan komisi pada 16 April  2024, dan juga telah disetujui dalam rapat persoalan internal dan external," ujar Ketua DPRD.


Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial bacakan sambutan, didampingi Wakil Ketua Nur Hasra dan Rusdy Nurman


Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, dalam pidatonya,  menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya, kepada semua pihak, termasuk Ninik mamak Cadiak pandai, Bundo kanduang dan Stakeholder yang ada, dalam memberikan kontribusi. Baik secara langsung maupun tidak langsung, terutama kepada anggota DPRD Kota Bukittinggi.


"Seluruh catatan dan rekomendasi tersebut akan menjadi acuan dan pondasi bagi kami pemerintah kota dalam memberikan pelayanan dan penyelenggaraan pemerintah yang lebih baik di Kota Bukittinggi pada tahun anggaran berikutnya," jelasnya.


Menurutnya,  walaupun disisi lain masih terdapat kekurangan dari berbagai sektor, permasalahan  pembangunan masih penuh tantangan dan hambatan dalam penyelenggaraan pembangunan. Untuk itu patut kiranya diperkuat komitmen pembangunan melalui pelaksanaan rencana kerja pemerintah Kota Bukittinggi Tahun 2025.


Suasana Rapat paripurna di Aula Gedung DPRD Kota Bukittinggi


Adapun Rekomendasi DPRD, terhadap LKPJ Walikota  Tahun Anggaran 2023, yang dibacakan oleh anggota dan Ketua Banggar DPRD,  Asril, diantaranya ;


DPRD Bukittinggi, telah meneliti dan mempelajari dan mengevaluasi sejauh mana efektivitas kinerja pelaksanaan APBD Kota Bukittinggi Tahun Anggaran 2023 sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Bukittinggi.  DPRD telah melakukan pembahasan baik secara internal, maupun melibatkan SKPD dan Unit kerja Pemerintah Daerah. Untuk melihat sejauh mana kerja dan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah.


Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar sampaikan apresiasinya ke semua pihak dan stakeholder yang ada


Pendapatan Daerah berdasarkan informasi dari LKPJ Wali Kota Bukittinggi realisasi Pendapatan daerah sebesar 96.36% atau Ro.706.975.454.172,65 dari anggaran sebesar Rp. 733.692.996. 334,00. Secara total realisasi pendapatan daerah tahun 2023 cukup bagus.


Diantaranya, Pajak Restaurant hanya dapat direalisasikan sebesar 70,55%. Pajak Reklame berjalan yang hanya dapar direalisasikan sebesar 24,57%. Pajak Air Tanah hanya dapar direalisasikan sebesae 23,56%. Pajaj Parkir dapat terealisasi sebesar 59,41% masih jauh dibawah target yang direncanakan.


Wali Kota Bukittinggi serahkan LKPJ kepada Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial


"Hasil dari pembahasan dan evaluasi yang telah dilakukan DPRD Kota Bukittinggi dituangkan dalam bentuk rekomendasi DPRD yang disampaikan kepada Wali Kota Bukittinggi yang berisikan catatan strategis, berupa saran, koreksi terhadap.penyelenggaraan pemerintahan selama tahun 2023," pungkasnya.


Kemudian, tambahnya,  dalam rangka pembahasan terhadap laporan Keterangan Pertanggungjawaban Wali Kota Bukittinggi tahun anggaran 2023. DPRD Bukittinggi, membentuk 3 Panitia khusus ( Pansus) . Masing-masing  Pansus telah melaksanakan rapat kerja/ hearing bersama SKPD fokus  pelaksanaan capaian kerja pemerintah daerah, dan pelaksanaan masing-masing program SKPD. (***)


PEWARTA : Khairunas

FOTO.        :  Tim DPRD

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top