Jelang Pelepasan Personel PAM TPS, Polres Inhu Doa Bersama dan Istighosah


Inhu Riau canangnews.com  - Sebelum seluruh personel yang terlibat Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), digeser pada wilayah tugas masing-masing, Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hulu (Inhu), Polda Riau, menggelar doa bersama lintas agama dan Istiqhosah.


Kegiatan yang dilaksanakan Jumat, 9 Februari 2024 sore, ba'da Ashar dihalaman Mapolres Inhu, yang dipimpin langsung oleh Kapolres Inhu, AKBP Dody Wirawijaya, S.I.K, dihadiri Bupati Inhu, Ketua DPRD Inhu, Forkopimda dan ratusan undangan lainnya.



Dalam sambutannya, Kapolres Inhu mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu dan undangan yang telah berkesempatan hadir dan memberikan kontribusi besar dalam terselenggaranya acara do’a bersama ini ditengah kesibukan dan kegiatan sehari-hari.


Ditegaskan Kapolres, Pemilu secara esensi merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa. Pemilu juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa, mengenai seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia.


Nilai-nilai demokrasi dimaksud adalah menyelesaikan pertikaian secara damai dan sukarela, menjamin terjadinya perubahan secara damai, pergantian penguasa dengan teratur, sesedikit mungkin unsur paksaan dalam pembuatan, pelaksanaan, dan penegakan keputusan politik, adanya pengakuan terhadap nilai keanekaragaman, adanya pengakuan dan jaminan atas tegaknya keadilan, serta ilmu pengetahuan yang maju.


"Saya percaya, kita semua yang hadir di sini sependapat, bahwa Pemilu Damai adalah sebuah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa, mulai dari tataran individu. Pemerintah sendiri, telah senantiasa berkomitmen untuk menjaga kondusifitas dan keamanan selama Pemilu," ucap Kapolres.


Ada beberapa pesan Kapolres terhadap seluruh personel, tamu dan undangan, sesuai dengan tugas serta kewenangan masing-masing. Yakni, turut memastikan bahwa Pemilu Damai tidak semata-mata dimaknai sebagai slogan saja, melainkan sebagai ikhtiar untuk menciptakan atmosfer yang kondusif selama seluruh rangkaian tahapan Pemilu.

 

Kedua, bersedia untuk sepakat, bahwa menjaga kedamaian selama Pemilu adalah tanggungjawab bersama seluruh elemen tingkat kemasyarakatan, tanpa terkecuali. 

Ketiga, turut memastikan bahwa seluruh unsur yang terlibat dalam kegiatan kampanye politik dapat menjalankan perannya dengan tanpa mencederai harga diri dan martabat setiap pihak, termasuk lawan politiknya. 


Demikian pula, sudah bukan saatnya, masa kampanye diisi dengan kegiatan yang tidak produktif dan berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat. "Mari kita saling bekerja sama, sehingga Pemilu 2024 dapat menjadi bukti bahwa masyarakat telah kian cerdas dalam berpolitik, sekaligus menjadi perayaan atas kedewasaan kita sebagai bangsa Indonesia," imbau Kapolres.


Sambutan lain juga disampaikan Bupati Inhu, diwakili Kabag Kesbangpol Inhu, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada keluarga besar Polres Inhu, sebab dalam banyaknya kegiatan masih bisa melaksanakan kegiatan doa bersama dan istighosah pada hari ini dalam rangka mewujudkan pemilu damai 2024 yang tinggal beberapa hari lagi.


Setelah sambutan Kapolres dan Bupati, dilanjutkan dengan penampilan dari para juara lomba Asmaul Husna Polres Inhu dan jajaran Polsek beberapa hari lalu, kemudian pembagian hadiah untuk pemenang lomba Asmaul Husnal, lalu ceramah agama oleh Ustad M. Khairul Anam, S.Th, I, M. Sy.


Setelah itu, doa bersama, pemuka agama Islam dipandu oleh Ust Khairul Anam, pemuka agama Kristen Protestan dipandu oleh Pdt Franky Maningkas, pemuka agama Kristen Khatolik dipandu oleh Pastor Steff Sudaryanto pemuka agama Budha oleh Suryanto.


Selepas doa bersama, dilanjutkan 

pelaksanaan Istighosah dalam rangka mewujudkan Pemilu Damai tahun 2024 di Kabupaten Inhu, dipimpin oleh Kapolres Inhu, dihadiri Dandim 0302 Inhu, Letkol Kav Dani Prasetyo W, S.Sos., M.I.P, Kyai Ali Mutarom, oengasuh Ponpes Nurul Huda Kecamatan Lubuk Batu Jaya. 


Kemudian, Kyai Natikul Khoir Pengasuh Ponpes Nurul Hidayah Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat, Kyai Agus Fauril A’la, Ketua Bhayangkari Cabang Inhu bersama pengurus dan anggota, para Pimpinan Pondok Pesantren se Kabupaten Inhu, Waka Polres Inhu Kompol Teddy Ardian, S.H, S.I.K, M.H, para PJU Polres Inhu, dengan jumlah peserta lebih kurang 300 orang." Sumber : Humas polres Inhu

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama