Mengunjungi SDN 19 Nan Sabaris: Lingkungan Nyaman, Banyak Kegiatan

Bayur, CanangNews - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 19 Nan Sabaris berlokasi di Korong Bayur, Nagari Pauh Kambar, ±500 meter dari Jalan Raya Lubuk Alung - Pariaman. Memasuki pekarangan sekolah ini langsung terasa suasana nyaman karena lingkungan bersih dan rindang.

Wartawan CanangNews mampir ke sekolah ini, Senin (15/1/2024). Murid-murid sedang belajar dengan bimbingan guru di ruang kelas masing-masing. Tak ada suara terdengar hingga ke halaman. 

Kesan tersebut sebelumnya sudah dikemukakan sejumlah warga ketika Wartawan CanangNews singgah di warung kopi dekat rel kereta, ±100 meter menjelang SDN 19. Menurut mereka, SDN 19 dipimpin Kepala Sekolah Irmawati SPd yang akrab dengan sapaan Bunda, baik oleh murid-murid dan orang tua siswa/  masyarakat. 

"Alhamdulillah..., semenjak dipimpin Bunda, banyak kemajuan SDN 19 ini, Pak. Selain prestasi belajar, anak-anak kami juga dilatih berbagai keahlian sesuai minat masing-masing melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka dan drumband," ujar seorang warga. 

Ketika dikonfirmasi, Kepala SDN 19 Nan Sabaris Irmawati SPd mengungkapkan rasa syukurnya atas penilaian masyarakat terhadap kepemimpinannya. Ia menyatakan, berusaha semaksimal kemampuan yang dia miliki melaksanakan tugas dan kewajiban di mana pun dirinya ditugaskan. 

Selain itu, lanjut Irmawati, ia melaksanakan tugas dengan penuh rasa cinta dengan cara menganggap anak didik seperti anak kandung sendiri. Dengan denikian, ia dapat memberikan perhatian lebih dari sekadar tugas dan kewajiban.

Menurut dia, untuk  memaksimalkan kegiatan belajar dan mengajar, pihaknya dengan dukungan komite sekolah berusaha melengkapi fasilitas yang dibutuhkan guru dan anak didik. Dalam hal ini, komite selalu memusyawarahkan dengan orangtua murid setiap hendak merencanakan kegiatan.

"Kami juga mendapat kunjungan Mobil Perpustakaan Keliling dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman yang memberikan layanan peminjaman buku kepada guru-guru dan anak didik," ujar Upik, nama kecil Irmawati. 

Kegiatan sekolah berupa pramuka aktif dengan melaksanakan berkemah pada hari Sabtu - Minggu, paginya anak-anak dibawa refreshing ke pemandian alam damai dengan biaya gratis, didanai dari imfak sisberseri, dalam memeriahkan hari guru. Kegiatan ini untuk menjalin keakraban guru bersama anak didik berupa kegiatan perlombaan yang menyenangkan, joget bersama guru dan murid. Jam 10 siswa di bawa ke pemandian alam damai untuk kelas 3 - kelas 6 "Apapun  kegiatan yang kami lakukan tidak pernah meminta biaya kepada orangtua murid," lanjut Upik.

Pramuka SDN 19 lulus seleksi untuk lomba pinering ke kwartir cabang  (kwarcab) dan mengikuti lomba langkitang di kwarcab pioneering dan Alhamdulillah mendapatkan juara harapan 1, untuk kecamatan Nan Sabaris meraih juara umum lomba langkitang di kwarcab 

SDN 19, ulas Upik, pun memberi kesempatan setiap anak mengikuti latihan drumband, Pramuka dan dokter kecil. Dalam hal ini murid selalu diberi support dengan memberikan makanan tambahan dan air mineral seharga Rp2.500/orang seperti sarabi, bolu kukus, buah dan roti dengan menu yang berbeda setiap latihan.

Kepala SDN 19 Irmawati mengajak Komite Sekolah bersama masyarakat membelikan baju seragam drumband dan tampil dalam berbagai kegiatan. Bahkan, Tim Drumband ini merupakan satu-satu SD yang berani membawa siswa untuk pawai alegoris tingkat kecamatan, padahal waktu itu masih suasana covid 19.


Camat Nan Sabaris Alkhaufa STP yang bertemu Wartawan CanangNews yang lewat dengan mobil dinasnya di depan SDN 19 memberikan apresiasi positif terhadap kepemimpijnan Irmawati. 

Tokoh masyarakat Korong Bayur, Nagari Pauh Kambar, yang lebih akrab dengan sapaan Abang ini menyebutkan, Irmawati aktif dalam berbagai kegiatan tingkat kecamatan dan banyak melakukan perubahan lebih baik dalam kegiatan belajar-mengajar di sekolah yang dipimpinnya. (ZT)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama