Anyaman Daun Pandan

Anyaman Kambuik dan Sajadah dari daun pandan.


Sijunjung, canangnews.com_Rabu 10/01/2024 Siswa/i SMK Negeri 8 Sijunjung mengikuti pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Tema Kearifan Lokal menganyam daun pandan dijadikan kambuik unjuik (tempat membawa bekal ibu-ibu tempo dulu) dan tikar sholat (sajadah) dari daun pandan.


Lotri Mislaini, Spd mendampingi siswa/i mengikuti kegiatan ini

Kegiatan ini sudah berjalan satu minggu mulai dari mencari bahan yang akan digunakan seperti daun pandan, daun mansiro, dan lainnya, kita mengajak siswa/i ikut lansung mencari bahan ini ke alam, kebun dan sawah, setelah dibersihkan dipisah daun dari pokok dan durinya kemudian dijempur setelah kering barulah dianyam.


Miftah Natalia siswi kelas X KCS memperlihatkan hasil karyanya sudah 70%


Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan budaya lokal tempo dulu, agar budaya ini tetap lestari makanya perlu kita wariskan terus ke generasi setelah kita, serta bertujuan untuk melihat sejauh mana keseriusan siswa/i mencintai budayanya sendiri. Ternyata memang mereka mengikuti kegiatan ini dengan penuh keseriusan.


Anyaman tikar sholat (sajadah) oleh Nadiah dan Lidya X PHT


Kegiatan ini diikuti oleh siswa/i kelas X Insyaallah dalam minggu ini selesai begitu ucap Lotri Mislaini, Spd salah seorang guru yang dengan sabar mendampingi siswa/i mengikuti kegiatan ini. Hari ini kita juga menghadirkan seorang guru pakar perlapiakan (pakar tikar) Ibet Indrawati.


Sekian info hari ini, salam sejahtera untuk kita semua, semoga sehat selalu hendaknya, Aamiin.


(PardiS) Anak Amak.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama