Program Irama Desa Bupati Inhu Serahkan Bantuan Masyarakat Di KC Rengat Barat

 


INHU canangnews.com - Masih melanjutkan Program Irama Desa, Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi kembali menyapa masyarakat Kec. Rengat Barat, Senin (11/12/2023).


Kali ini, tiga desa yang menjadi tujuan program Irama Desa tersebut yaitu Desa Danau Tiga, Desa Tanah Datar, dan Desa Talang Jeringing.


Tujuan pertama berlokasi di Desa Danau Tiga, Bupati Rezita didampingi Camat Rengat Barat dan beberapa jajaran kepala Opd bersilahturahmi Ke SDN 019 Danau Tiga.


Disambut oleh barisan Siswa/i SDN 019 dengan bendera merah putihnya, Bupati Rezita mengawali agenda Irama Desa tersebut dengan menyerahkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) dan bantuan alat tulis bagi siswa/i di sekolah dasar tersebut.


"Bersama dengan Program Irama Desa ini kami datang tidak hanya bersilahturahmi tetapi juga, ingin mengajak Bapak/ibu dan seluruh elemen masyarakat membantu mewujudkan upaya serta komitmen Pemkab Inhu dalam melayani masyarakat," tutur Rezita mengawali sambutannya pada Irama Desa tersebut.


Selain menyerahkan bantuan dan mendengar aspirasi masyarakat, Bupati Rezita beserta rombongan turut meninjau lokasi MTQ Tingkat Kecamatan Rengat Barat yang Insya Allah akan berpusat di Desa Danau Tiga.


Bupati Rezita pun mengajak masyarakat untuk menumbuhkan atensi besar dalam perhelatan MTQ itu.


Setelahnya, perjalanan Bupati Rezita bersama rombongan kemudian berlanjut di Kantor Desa Tanah Datar untuk kembali menyerahkan bantuan BLT DD, dan Kartu Identitas Anak(KIA).


Pada kesempatan itu, Rezita juga membuka Pelatihan bertema 'Sosialisasi Pola Asuh Anak Dalam Peningkatan Kualitas Keluarga' yang diikuti oleh Kader PKK Desa Tanah Datar.


Tak lupa, Bupati Rezita juga meninjau beragam pelayanan administrasi yang dihadirkan oleh Pemkab Inhu bagi Warga Desa Tanah Datar dan sekitarnya.


Kades Tanah Datar, Purwono menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Rezita yang telah berkesempatan menyapa masyarakat dan menghadirkan bantuan serta pelayanan administrasi bagi warganya.


"Merupakan rasa syukur bagi kami, Ibu Rezita beserta rombongan bisa berkunjung ke desa kami dan memberikan segala bentuk bantuan bagi warga desa kami," ucapnya.


Selesai menyerahkan bantuan dan meninjau layanan di Kantor Desa Tanah Datar, Rezita kemudian bertolak meninjau lokasi Bumdes Berkah Mandiri Abadi Desa Talang Jeringing yang bergerak dibidang pengolahan pupuk organik.


Kemudian Meresmikan dan menandatangi Prasasti Bumdes yang dipusatkan di Kantor Desa Talang Jeringing.


Rezita berharap Bumdes ini dapat dimanfaatkan dan dipromosikan oleh Masyarakat Desa Talang Jeringing dengan sebaik mungkin.


"Harapan kami, bumdes ini bisa beroperasi secara maksimal, dapat dimanfaatkan serta dibantu dalam mempromosikannya, sehingga kita patut bangga menjadikan bumdes ini contoh bagi kecamatan lain bahkan provinsi lain," ujar Rezita.


Bantuan seperti BLT DD juga kembali diserahkan oleh Bupati Rezita kepada masyarakat, yang kemudian diikuti dengan penyerahan beragam bantuan lainnya.


Diantaranya, Bantuan Intensif Guru TPQ/MDTA, Bantuan Pelatihan BKMT, Bantuan Perlatan Posyandu, Bantuan Ketahanan Pangan kepada kelompok tani, Bantuan MPD (masyrakat peduli api), Bantuan CSR Kepada delapan mesjid di Desa Talang Jeringing sampai Bantuan Adat Pelatihan bagi Suku Talang Mamak.


Sama halnya dengan Kades Tanah Datar, Edi Priyanto Kades Talang Jeringing turut berterima kasih kepada Bupati Rezita dan Pemkab Inhu.


"Saya mewakili Warga Desa Talang Jeringing mengucapkan terima kasih kepada Ibu Rezita dan Pemkab yang telah banyak membantu kami, salah satunya membantu kami menoreh prestasi sebagai Juara 1 Desa Mandiri. Dan kemudian hari ini Ibu Rezita beserta rombongan kembali menyempatkan diri untuk bersilahturahmi dan membawa beragam bantuan bagi Warga Desa Tajir," lugasnya.


Selepas meresmikan bumdes dan menyalurkan bantuan di Kantor Desa Tajir, Rezita kembali melanjutkan perjalanannya ke Kantor Camat Rengat Barat untuk meresmikan Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas yang ditaja oleh DPPKB Inhu.


Bupati Rezita kemudian mengapresiasi program kegiatan Pencanangan KB ini sebagai upaya peningkatan pembangunan nasional.


"Sudah terbentuk 30 Desa Keluarga Berkualitas di Kabupaten Indragiri Hulu, Saya mengapresiasi Desa yang telah memenuhi indikator Kampung KB ini dan semoga melalui DPPKB, lurah, camat maupun pihak terkait kita semakin dapat memperluas sosialisasi sasaran program Pencanangan Kampung KB di selurub kecamatan yang ada di Kabupaten Inhu," ujar Rezita.


Acara tersebut kemudian ditutup dengan penyerahan satu set peralatan Media Bina Keluarga Balita atau BKB KIT kepada lurah di Kecamatan Rengat, Rengat Barat, dan Kuala Cenaku.


Mengakhiri agenda Irama Desa di Kecamatan Rengat Barat, Rezita pun menghadiri Acara Pembukaan Pelatihan Peserta Kewirausahan Tata Boga dan Barista serta Melepas Peserta Pelatihan Security untuk berangkat menuju lembaga pelatihan di Pekanbaru.


Bupati Rezita menyampaikan dukungannya kepada para peserta untuk menggali ilmu melalui pelatihan ini, sehingga dapat membantu peserta meningkatkan daya saing dalam bidang kewirausahaan.


"Saya dan Panitia Disnaker Inhu tentunya berharap, adik-adik peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik mungkin dan setelahnya mendapatkan sertifikat yang bisa berguna bagi protofolio sebagai modal berwirausaha," ucap Bupati Rezita.


Sambutan itu direspon dengan riuh tepuk tangan peserta, tak ketinggalan Rezita beserta rombongan juga mencicipi hasil seduhan kopi yang disajikan oleh para peserta pelatihan barista." Rjn/ red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama