Kadinkes Aspinuddin Presentasikan Sisrute dan Telemedicine pada Sostakelyankes Kemenkes RI

.Dr H Aspinuddin (kanan) bersama dr Astri Hernasari MM

Parikmalintang, CanangNews - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Padang Pariaman dr H Aspinuddin mempersentasikan Sistem Rujukan Terpadu (Sisrute) dan Telemedicine pada kegiatan Sosialisasi Tata Kelola Pelayanan Kesehatan (Sostakelyankes) yang diselenggarakan oleh Direktorat Tata Kelola Pelayanan Kesehatan, Ditjen Yankes, Kemenkes RI di Aula Kantor Bupati Padang Pariaman - Parikmalintang, Sabtu (2/12/2023) siang.

Sostakelyankes ini dihadiri seorang Anggota Komisi IX DPR RI dari Daerah Pemilihan Sumatra Barat 2 serta Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan sejumlah pejabat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) seperti dr Astri Hernasari MM.

Dalam pemaparannya, Aspinuddin menjelaskan, sisrute merupakan bagian dari pelaksanaan kegiatan Public Safety Center (PSC) 119 Padang Pariaman Tanggap Kasus Gawat Darurat (Papa Tangkas Gada) sejak 2018. 

"Dengan sisrute, petugas di Posko PSC 119 mengontak pihak rumah sakit rujukan sementara petugas lapangan membawa pasien dengan mobil ambulans. Jika UGD RSUP M Djamil - misalnya - penuh, petugas mengontak rumah sakit lain dan memberitahu petugas lapangan. 


Sedangkan telemedicine, lanjut Dokter Jimmi (sapaan Aspinuddin) merupakan aplikasi yang memungkinkan pasien berkonsultasi dengan dokter kapan dan di mana saja tanpa harus datang ke klinik atau rumah sakit secara fisik sehingga dapat mengurangi kemacetan dan menghemat biaya.


Pada kesempatan itu, dr Astri Hernasari MM dari Dittakel Yankes menjelaskan tentang 6 (enam) pilar transformasi kesehatan. (ZT)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama