Ngalau yang tak terekspos

Pilot Canang Sumbar
0


Foto bersama siswa/i di pintu Ngalau Payo Kilangan.


Sijunjung, canangnews.com_Sabtu, 02/09/2023 pagi ini kami majelis guru dan siswa/i melakukan kerja bakti, Ada 2 team yang sudah kami bentuk satu team menuju Ngalau Payo Kilangan yang dipimpin lansung oleh Kepala Sekolah SMKN 8 Sijunjung Putri Andam Dewi, M.Pd, team dua menuju Tugu PDRI Sumpur Kudus dipimpin oleh Wakasis Irmen Kusnedi, S.Pd dan Rasti Fadilla Saisya, S.Pd.


Kegiatan ini kami lakukan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun SMKN 8 Sijunjung yang ke 4. Adapun kegiatan yang kami lakukan hari ini bersih-bersih jalan menuju ngalau, mencari informasi dari masyarakat serta siswa yang tinggal di sekitar ngalau terkait kisah atau informasi apa saja yang dapat diberikan kepada masyarakat luas tentang ngalau ini.


Kondisi di dalam ngalau setelah melewati terowongan panjang.

Dari pantauan kami setelah memasuki ngalau ada beberapa temuan yang dapat saya goreskan diantara ada batu telinga gajah, batu putri duyung, batu mengandung (hamil), batu aguang (gendang) dan lain sebagainya, luar biasanya untuk masuk ke dalam ngalau ada tiga jalan yang dapat kita lewati, ketiganya saling berkaitan (ketika kita berada di dalam ngalau kita bisa keluar dari jalur mana saja).


Di dalam galau ini ada banyak terowongan panjang cukup gelap juga sehingg untuk memasukinya kita butuh penerangan, sebelum masuk tadi saya merasakan ketenangan dalam hati ini bagus juga untuk mencari inspirasi, menenangkan diri, adem, karena masih alami. Ini salah satu aset Nagari dibidang pariwisata, tinggal pengelolaannya yang perlu ditingkatkan.


Jalan keluar_masuk terowongan di dalam ngalau.

Kegiatan ini ditutup dengan kempiang (makan bersama) di atas hamparan daun pisang di teras sekolah, diikuti oleh majelis guru serta semua siswa/i SMKN 8 Sijunjung, merajut kebersamaan kegiatan ini rencana akan diadakan setiap tahunnya begitu tadi yang diucapkan oleh bu Dewi kepsek muda itu.

Makan bersama di atas daun pisang.

(PardiS_Anak Amak)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top