Beragam Budaya Tradisional Di Hadirkan Di Kenduri Budaya Talang Mamak

Canang Riau
0


Batangcinaku canangnews.com -Berbagai perlombaan, kuliner dan karya seni tradisional ditampilkan dalam perhelatan Kenduri Budaya Talang Mamak yang dipusatkan di Desa Aur Cina, Kecamatan Batang Cenaku, Rabu (9/8/2023).


Event budaya ini ditaja oleh Balai Kelestarian Kebudayaan wilayah IV Kemendikbudristek sebagai wujud dukungan terhadap pelestarian budaya di Kabupaten Indragiri Hulu.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra, Evi Irma Junita hadir sekaligus membuka gelaran acara tersebut.


Tampak hadir juga Kepala BPK Wilayah IV, Jumhari, Kadisporasata Atan, Camat Batang Cenaku Dudi Sumbari serta para batin Talang Mamak. Acara ini juga bahkan dihadiri beberapa peneliti dari Amerika dan Malaysia.


Dalam sambutannya, Staf Ahli Evi Irma Junita sampaikan rasa terimakasih kepada Badan Kelestarian Kebudayaan Wilayah IV Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Provinsi Riau atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Dikatakannya, perhelatan kenduri Budaya Talang Mamak ini menjadi bentuk kecintaan serta wujud upaya pelestarian dan pengembangan khasanah seni dan budaya khususnya di Indragiri Hulu, sekaligus dukungan terhadap tekad bersama menjadikan Riau sebagai Homeland of Melayu.


Evi menambahkan kuatnya arus globalisasi saat ini sangat berpotensi mendorong masuknya budaya asing ke dalam negeri yang akan mempengaruhi dan mewarnai perilaku, kepribadian dan budaya lokal khususnya pada generasi muda.


"Oleh sebab itu jika pengembangan seni dan budaya yang berakar pada budaya setempat dalam hal ini budaya melayu talang mamak harus terus digalakan," ucap Evi.


Sejauh ini, lanjutnya upaya pengembangan pariwisata adalah bagian dari komitmen pemerintah dalam upaya pencapaian visi Kabupaten Inhu. Pemerintah daerah juga secara aktif melaksanakan berbagai agenda acara.


"Sehingga penyelenggaraan kenduri budaya talang mamak menjadi bagian menuju pencapaian visi tersebut," terangnya.


Ia pun mengajak masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian budaya daerah yang dimiliki dan terus menggali nilai seni budaya yang ada dan sesungguhnya sangat kaya dengan nilai-nilai seni, estetika, etika dan filosofi tentang kehidupan.


"Semoga seluruh rangkaian kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan sukses serta mampu menjadi wahana untuk semakin mengeratkan persaudaraan sekaligus wawasan pengetahuan bagi masyarakat tentang khasanah budaya di Kabupaten Inhu," tutup Evi.


Berbagai perlombaan tradisional seperti, perlombaan permainan tardisional talang mamak, tari tradisi talang mamak, betagak balai, dan sebagainya. Kegiatan ini juga menampilkan gerai makanan tradisional talang mamak.


Tak hanya perlombaan tradisional, pada event tersebut turut dihadirkan ragam karya seni budaya pada stand-stand pameran.


Menutup rangkaian pembukaan Kenduri Budaya Talang Mamak hari itu, aksi penanaman pohon dilakukan oleh seluruh pejabat dan tamu undangan yang hadir Sumber : Tim Prokompim Setda Inhu, 2023,"*( Roli )





Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top