Siswa SMA 1 Banuhampu Agam Gelar Acara Panen Karya 2023

Nasrun
0

 

Panen Karya siswa SMAN 1 Banuhampu Agam / foto,nas
 


Canangnews- Bukittinggi - SMA Negeri Banuhampu Kabupaten Agam adakan Panen Karya bagi siswanya, dengan tema "Melalui  Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila" dilaksanakan dihalaman sekolah itu. Rabu (14/6/2023).


Kepala SMAN 1 Banuhampu Agam, Aris Supardi, mengatakan, panen karya siswa itu perdana dilaksanakan, merupakan hasil karya para siswa siswi Kelas X dan XI selama satu tahun.


"Proyek penguatan profil pelajar pancasila merupakan kurikulum merdeka belajar, apa yang dikerjakan siswa selama satu tahun nantinya bisa bermanfaat," ujarnya 


Disampaikan, dalam kegiatan itu, menampilkan kearifan lokal seperti, tenunan Koto Gadang, proyek bahasa pasambahan, limbah plastik yang bisa menjadi karya yang bermanfaat, misalnya merubahnya jadi pupuk kompos.

Kacadin wilayah 1 Sumbar menggunting pita stand pameran  Panen Karya siswa  

"Dalam hal kegiatan ini, sangat besar  peranan orang tua, sebab dukungan orang tua sangat penting. Hal ini berkaitan dengan pendidikan karakter, sebab siswa lebih banyak melewatkan waktunya dirumah dari pada disekolah," ungkapnya.


Pada kesempatan itu, Kepala Sekolah dan Cabang Dinas Wilayah 1 , melepas secara simbolis siswa yang akan mengadakan Studi Tiru ke beberapa Universitas dan Perguruan Tinggi ternama dipulau Jawa, seperti IPB Unpad, UI , UPM dan UGM.

Tujuannya adalah untuk mengajak para siswa untuk mengenal Perguruan Tinggi yang ada diluar Sumatera 


" Biaya kesana masing-masing siswa, agar mereka menjadi pemimpi dan kemudian ada keinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi selain di Sumatera Barat," paparnya.


Kepala Cabang Dinas ( Kacabdin ) Wilayah 1 Sumbar yang diwakili Kasi SMA Cabdindik Wilayah 1, Fadrizal,sangat mengapresiasi acara itu, bahwasanya pendidikan, bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis.


Kemudian, karya-karya yang ditampilkan itu sudah bisa bernilai ekonomi, dan tantangannya bagaimana mempromosikannya sesuai daya pasar tradisional atau dalam pasar dunia digital.


"Dengan proyek ini, diharapkan mereka, ketika membuat sebuah produk muncul rasa yang kuat dengan mencoba arif kepada alam sehingga akan menambah ketaqwaan akan ciptaan Allah," ulasnya.


Ia menambahkan, penguatan itu adalah, pembiasaan karakter dilokal, pembiasaan karakter dilingkungan sekolah dan pembiasaan karakter dimasyarakat. Semua elemen itu saling besinergi satu sama lain.


Turut hadir pada acara itu, para Majelis Guru, Ketua Komite, Wali Nagari Pakan Sinayan, Ketuan KAN Pakan Sinayan Agam serta para siswa SMAN 1 Banuhampu.


(KH)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top