Kami Butuh Petugas Keamanan

Pilot Canang Sumbar
0
Cerita pulang sekolah bersama pak Ammusril (66) sambil ngopi tentang tanah post keamanan


Sijunjung, Canangnews.com_Senin, 05/06/23 berdasarkan info yang saya dapatkan dari para tokoh di Nagari Manganti bahwa akan didirikan post keamanan (Polsek/Danramil) di Nagari Manganti. Sebagai bentuk keseriusan masyarakat mereka telah menyediakan tanah untuk post keamanan tersebut. Info yang saya dapatkan dari pemerintah Nagari Manganti bahwa ini sudah merupakan kesepakatan kami para Wali Nagari sealiran batang sumpu, kami sudah surati dan datang lansung ke kapolres namun karena sijunjung masih kekurangan personil, begitu ucap pak wali muda itu pak Darul Fauzi, S.Sos.


Hari ini saya datang dan melihat sendiri lokasi di mana tempat post keamanan tersebut akan didirikan. Saya juga minta keterangan dari salah seorang warga yang kebetulan beliau mendirikan pondok (tinggal) dekat lokasi, beliau pak Ammusril (66) salah seorang warga manganti yang bekerja sehari-sehari sebagai petani, serta memiliki kerja sampingan pelatih kesenian silat dan randai.


Dari keterangan beliau menuturkan bahwa memang ini tanah sudah disediakan warga untuk post keamanan sambil menunjuk ke arah lokasi di mana post keamanan tersebut akan didirikan. Setelah mendengar keterangan itu saya ambil gambarnya untuk dokumentasi, yang kebetulan saya juga tidak jauh tinggal dari lokasi tersebut, saya tinggal di Perumahan SMKN 8 Sijunjung, Kec. Sumpur Kudus, Nagari Manganti, Jorong Taruko.


Di sinilah lokasi post keamanan yang telah disediakan masyarakat Manganti itu


Hal ini sebenarnya muncul karena beberapa hari yang lalu saya dapat berita serta keterangan dari salah seorang teman saya asal Silantai yang juga sama mengajar dengan saya Irmen Kusnedi, S.Pd, beliau meminta saya untuk menulis berita sebab sudah terjadi pengeroyokan oleh beberapa orang remaja di sumpur kudus yang menyebabkan korbannya meniggal dunia, sekarang sudah diamankan petugas di Lapas Sijunjung.


Kemudian sebelumnya juga ada kejadian yang sama pelakunya ayah dan anak yang menyebabkan korban juga meninggal dunia, dan kita takut akan terjadi lagi kejadian yang sama. Karena alasan itulah saya menulis berita, harapannya andai ada satu post keamanan saja di sealiran batang sumpu (Unggan-Silantai-Sumpur Kudus-Sumpur Kudus Selatan-Manganti) ada lima Nagari. Insyaallah akan dapat meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan.


Karena pots keamanannya jauh hanya ada di Kecamatan Kumanis, jika ada kejadian yang meresahkan, pencurian, pembunuhan, dan kejadian yang tidak kita inginkan lainnya petugas keamanan butuh waktu 2 jam untuk sampai TKP hal ini tentu akan membuat kejadian lambat teratasi, istilah kitanya "cakak abih awak baru tibo" kejadian sudah selesai kita baru sampai lokasi, tapi kalau post keamanannya dekat disekitar TKP tentu kejadian akan cepat teratasi.


Kedua dapat membuat orang berfikir tujuh kali sebelum berbuat karena ada yang mereka takuti (post keamanan) ketiga akan membuat masyarakat tenang, nyaman, karena mereka merasa terlindungi. Inilah sebenarnya point/pesan penting yang ingin saya sampaikan. Semoga harapan masyarakat di sealiran batang sumpu terkhusus Manganti dapat dikabulkan karena sudah lama dinanti-nanti.


Lokasi berada di tepi jalan menuju SMK N 8 Sijunjung, Manganti


Kita sudahilah dahulu cerita ini tak pandai lagi saya menggoreskannya, kehabisan kata-kata saya dibuatnya, biarlah goresan ini melambung tinggi diudara semoga saja ada angin sejuk menyampaikannya, terakhir saya tutup dengan sebuah pantun tempo dulu :


Puyuah anak rang koto Nopan

Baok mamikek malah dahulu

Guruah ko indak jadi hujan

Langik jo bumi dapek malu


Sekian terima kasih....

(Pardi Syahri, Guru Agama SMKN 8 Sijunjung)



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top