Ir H Ali Amran MP: Dari Birokrat Terjun ke Ranah Politik

0
               Ir H Ali Amran MP

MUNGKIN tak ada masyarakat Piaman yang tidak mengenal Ir H Ali Amran MP. Mantan birokrat handal ini pernah berkarier pada berbagai jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman. Pensiun sebagai aparatur sipil negara mulai tanggal 1 Juli 2022, pria dengan sapaan 'Pak Am' tetap aktif dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan.
 
Lahir di Sungai Geringging, 19 Juni 1962, Ali Amran merupakan putra sulung dari 9 bersaudara dari pasangan H Said BA Dt Bandaro dan Ibu Hj Roslaini. Ayahanda seorang guru dan ninik-mamak dalam kaumnya di Kenagarian Malai V Suku, Kecamatan Batang Gasan.

Suami tercinta Hajjah Ermawati ini menamatkan pendidikan Sarjana (S1) pada Fakultas Pertanian - Universitas Andalas (Unand) tahun 1987. Ia kemudian diminta sebagai dosen luar biasa pada Akademi Pembangunan Pertanian (Apperta) Sumatera Barat di Lubuk Alung.

Selanjutnya, tahun 1988, Ali Amran mengawali kariernya di pemerintahan sebagai pegawai honorer di Dinas Perkebunan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dan ditugaskan sebagai penyuluh pada proyek PIR Ophir Pasaman Barat.

Ayah dari 2 orang putri - Sherly Aktivani SST yang bekerja di BPS Kota Padang, saat ini sedang mengikuti program S2 di Birmingham University Inggris dan putri kedua seorang dokter bertugas pada satu Puskesmas di Kabupaten Padang Pariaman - merupakan penyuluh yang dinilai sukses. Sebagai reward, Tim Leader GTZ memberikan beasiswa melanjutkan pendidikan pada S.2 Unand dengan Program Studi Agronomi dan selesai tahun 1997.

Dalam bertugas Ali Amran dikenal disiplin dan berdedikasi tinggi dengan pekerjaan. Sejak tahun 2001 ia mengabdikan diri di Pemkab Padang Pariaman, berbagai jabatan telah dijabatnya, antara lain:
1. Kepala Kantor Lingkungan Hidup;
2. Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Kehutanan dan Peternakan;
3. Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesra;
4. Kepala Bappelitbangda/Bappeda. 

Dan untuk mengisi jabatan Sekretaris Daerah, ia juga di percaya sebagai Pejabat Sekda pada tahun 2021.

Tidak hanya bekerja, Ali Amran sarat dengan prestasi pada setiap amanah atau jabatan yang dipercayakan kepadanya. Hal itu terlihat pada PDF daftar riwayat hidup yang dikirimkannya ke Redaksi CanangNews.

"Saat ini saya dicalonkan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumbar pada Daerah Pemilihan (Dapil) 2: Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman. Dengan adanya Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menetapkan pemilihan umum (pemilu) tetap dengan sistim proporsional terbuka adalah suatu putusan yang sangat berkeadilan dan menjadikan para caleg sangat bersemangat," kata Ali Amran, Jumat (16/6/2023) siang. (ZT)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top