Adakan Raker Penanggulangan Bencana, Bupati Padang Pariaman Ajak Camat Lahirkan Masyarakat Siaga Bencana

Kikilaksmana
0


 PADANG PARIAMAN – Sebagai upaya cepat tanggap Pemerintah Daerah dalam menanggulangi kemungkinan terjadinya bencana alam yang melanda wilayah Kabupaten Padang Pariaman, Bupati bersama dengan Camat se-Kabupaten Padang Pariaman menggelar rapat kerja pada Jum’at, (09/06) bertempat di Ruang Rapat Setda Kawasan IKK Paritmalintang.


Diprakasai oleh Bagian Tata Pemerintahan dan Kerjasama (TPKS), Rapat Kerja (raker) yang digelar selama 1 (satu) hari ini turut dihadiri oleh Asisten I Rudi Rahmad, Kepala Perangkat Daerah terkait, Ketua TP-PKK Padang Pariaman, dan Ketua TP-PKK Kecamatan.


Bupati Suhatri Bur dalam arahannya mengungkapkan, Kabupaten Padang Pariaman berada di wilayah rawan bencana. 10 kemungkinan bencana dapat mengancam Kabupaten Padang Pariaman sewaktu-waktu.


Dengan demikian ia berharap, Camat selaku pemegang kendali suatu wilayah dapat melakukan koordinasi bersama wali nagari untuk dapat mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terutama bagi masyarakat yang bermukim di daerah rawan bencana.


“Kemungkinan terjadinya bencana itu perlu kita sosialisasikan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat menjadi tahu apa saja kemungkinan bencana yang terjadi, bagaimana melakukan evakuasi mandiri saat terjadinya bencana, juga bagaimana sikap pasca bencana,” ungkapnya.


Dikesempatan yang sama, Bupati yang akrab disapa Aciak ini berharap, rapat kerja yang diselenggarakan tidak hanya berakhir dengan rapat saja. Namun, harus diiringi dengan aksi nyata sebagai tindak lanjut dari penanggulangan bencana.


Sebelumnya, Kabag TPKS Emri Nurman menyampaikan, seringnya terjadi bencana alam menyebabkan Padang Pariaman berada di wilayah darurat bencana. Sehingga raker ini dinilai penting untuk melihat arah yang jelas terkait dengan tindakan tepat saat bencana terjadi.


“Saat bencana terjadi, kita berharap dapat memanfaatkan segala potensi yang ada. Masyarakat dapat melakukan evakuasi mandiri sembari Pemerintah Daerah melakukan koordinasi,” ungkapnya.


Selain itu, penyajian data yang jelas, kebutuhan logisik, fasilitas umum, warga terdampak, dan jumlah korban dapat membantu proses penanggulangan secara tepat.


Sebelum raker dilanjutkan, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur berkesempatan mengukuhkan Ketua TP-PKK Kecamatan sebagai Srikandi Siaga Bencana (Si Sigab).


Adapun pemateri melalui raker tersebut adalah Kalaksa BPBD, Kepala Dinas Kesehatan, dan Kepala Dinas Sosial P3A. (Rls)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top