11 PMR Bukittinggi Dilepas Walikota ke Jumbara Nasional lX, di Lampung

Nasrun
0
Wako Erman Safar lepas jumbara Palang Merah Remaja di Rumdis Wako Bukittinggi/ foto Al


BUKITTINGGI, Canangnews - Wali Kota Bhkittinggi Erman Safar melepas peserta Jumbara PMR Nasional ke lX yang ikut dengan mengatasnamakan kota Bukittinggi, di Rumah Dinas Wako Belakang Balok Bukittinggi Selasa (27/6).


Wali Kota Erman Safar saat pelepasan 11(sebelas) orang peserta dan pendamping dari PMI Bukittinggi yang akan berangkat.


Kegiatan Jumbara Palang Merah Remaja (PMR) Nasional lX yang akan dilaksanakan di Taman Argo Wisata Way Handak di kabupaten Lampung Selatan provinsi Lampung pada tanggal 2 - 10 Juli 2023 akan diikuti sekitar 4200 anggota PMR muda, madya dan Wira dari seluruh Indonesia, termasuk perwakilan dari negara-negara asing.


"Siapa yang nantinya dapat pemuncak/juara, apakah piala atau piagam. Saya (Walikota) akan berikan hadiah khusus untuk semua," ujar Wako.


Erman berpesan, kepada ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Bukittinggi, H. Chairunnas, bahwa apapun hasilnya, ia akan meminta laporannya.


"Kita berangkat dari sumbar tanggal 29/6 dikarenakan besok hari raya idul adha jadi kita percepat hari ini, dan nanti dari Padang kita akan dilepas oleh bapak gubernur," sebutnya.


H. Chairunnas juga melihatkan kepada Walikota sebuah rekaman video salah seorang anak PMR Bukittinggi yang masuk nominasi tingkat nasional.


"Ada anak kita PMR, ia masih usia sekolah dasar punya potensi/bakat bernyanyi, bermusik (piano) videonya kita kirim ke PMI pusat dan ia masuk nominasi tingkat internasional," ungkapnya.


45 orang yang jadi pemuncak tingkat nasional nantinya akan di kirim ke Komite Internasional Palang Merah (ICRC) yang diselenggarakan di negara Jepang tahun 2024 mendatang.



Sesuai dengan anggaran dasar PMI pasal 67 bahwa kegiatan Jumpa Bhakti Gembira dilakukan PMI 1(satu) kali dalam satu periode masa Bhakti kepengurusan. Kegiatan melibatkan PMR dari 34 provinsi, Perhimpunan Nasional Negara Sahabat (Youth) ke lX tahun 2023 bertema "Cerdas, Kreatif dan Berkarakter".


Jumbara merupakan miniatur dari penerapan manajemen PMR, yaitu dari proses perekrutan, pelatihan, Tri Bhakti PMR, pengakuan dan penghargaan, pemantauan dan evaluasi.


Adapun jenis kegiatan Jumbara PMR tingkat nasional lX 2023, sesuai makna Jumbara yakni

Youth Station, Jurnalistik Remaja, Kewirausahaan Sosial, Remaja Tangguh, Sentra Kapasitas (lokakarya), Ngobrol bareng PMR (Red Talk Corner), International Youth Conference dan Hukum Humaniter Internasional untuk PMR.


Bakti masyarakat, bakti lingkungan, kewirausahaan sosial, pameran dan tukar hasil karya, media sosial dan Mading kontingen.


Parade budaya, Jumbara Got Talent, Anjangsana, Wisata Edukasi, Youth in Action, Youth on stage olahraga, olahraga persahabatan wahana dan wahana ke Palang Merahan.


H. Chairunnas, menambahkan, dari tiga kecamatan yang ada di kota Bukittinggi diberangkatkan 11 orang, kota Padang yang banyak jumlah kecamatannya hanya 16 orang yang diberangkatkan.


Berikut daftar kontingen sumatera barat pembina, pendamping dan peserta;

PMI kota Padang 16 orang, PMI Bukittinggi 11 orang, PMI kota Pariaman 1 orang, PMI kab Pasbar 6 orang, PMI kab Sijunjung 2 orang, PMI kab Agam 2 orang, PMI kab Tanah Datar 3 orang, PMI kab Pesisir Selatan 2 orang, PMI kab Padang Pariaman 2 orang, PMI kab Solok 1 orang dan PMI kab Dharmasraya 1 orang. 


( KH )

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(50)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top