Wakil Ketua DPRD Pessel: Dapatkan Kenyamanan Berlibur Selama di Pessel

 


PESISIR SELATAN – Wakil ketua DPRD Pesisir Selatan, Hakimin, SH menjelaskan masyarakat dari berbagai daerah yang ingin berlibur akan mendapatkan kenyamanan dan aslian seni dan budaya Minangkabau di Kabupaten Pesisir Selatan terletak di bagian selatan Provinsi Sumatera Barat dengan ibu kotanya Painan yang berjarak 75 km2 dari Kota Padang ini, Pesisir selatran ini kabupaten Para dewa dan dewi yang alamnya sangat diidamkan untuk dikunjungi dan dinikmati keindahan alam, seni dan budayanya.



Ia menambahkan Kabupaten Pesisir Selatan memiliki cukup banyak destinasi wisata yang sudah menjadi tujuan wisata di Propinsi Sumatera Barat salah satunya adalah Pantai Carocok Painan dengan Pulai Cingkuak di Kecamatan IV Jurai dan Kawasan Wisata Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan, disamping itu masih terdapat objek wisata lainnya yaitu Bukit Langkisau, Air Terjun Banyang Sani, Air Terjun Timbulun, Jembatan Akar dan Batu Kalang Tarusan.



Jika Dikelola dengan Baik, Rakyat Pessel Bisa Lebih Sejahtera Manfaatkan Tujuh Potensi Sumber Daya Laut




Di samping itu Kabupaten Pesisir Selatan juga memiliki objek wisata sejarah yaitu Rumah Gadang Mandeh Rubiah, Masjid Tua, Benteng Portugis dan kesenian tradisional yaitu Rabab Pasisie.Kawasan Mandeh merupakan salah satu Destinasi Utama Pariwisata Kabupaten (DUPK) sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Pesisir Selatan.



1. Mandeh Boat Tour Dari Carocok Tarusan ke beberapa pulau-pulau kawasan mandeh Paket wisata mengitari perairan dan singgah pada beberapa pulau Penambahan boat dan SDM yang bisa memandu pengunjung wisata.


2. View Point Mandeh Kelok Nona, Panorama 1, Batu Kajang, Puncak Mandeh, Puncak Paku, Batu Kuciang Menikmati view Kawasan Mandeh Pembangunan saran dan prasarana penunjang kegiatan pariwisata.


3. Area Kawasan Wisata Mandeh Batu Kalang, Sungai Gemuruh, Pulau Setan, Kapo-kapo, Konversi Pulau Marak, Pamutusan Pagang. Kegiatan Atraksi Wisata Pembangunan Infrastruktur dan penambahan wahan atraksi.


4. Wisata Bawah Air, Surfing, Pancing P. Sironjong Gadang, P. Setan, Boeloongan Nederland, P. Marak, P. Pagang, P. Ular Wisata bawah air, surfing, memancing dan permainan laut. Penambahan saran dan prasarana serta infrastruktur permainan laut.



5. Pengembang Resort Wisata Bukit Ameh View indah yang dapat dinikmati Pembangunan hotel, resort, Salon Kecantikan dan SPA, Tempat Hiburan, Biro Perjalanan dan Travel serta fasilitas lainnya untuk pembangunan sarana pariwisata. Pemilik lahan sudah bersedia untuk melepaskan Ść§ 400 Ha tanah.


6. Penghijauan Kawasan Mandeh Disemua pulau-pulau kawasan Mandeh Penanaman pohon Membutuhkan bibit pohon dan tanaman hijau.


7. Konservasi penyu Pulau Marak Pembuatan tepat penangkaran penyu Konservasi Biota Endemik kerjasama dengan WALHI, WWF dan Green Peace.


8. Wisata Minat Khusus Sungai Pisang, Sunya Nyalo, P. Sironjong, Bukit Batu Garuda, P. Kapo-kapo, Daratan Sungai Pinang Petualangan Air Terjun, Climbing, Wisata Berburu dan Kemping Pembangunan Sarana dan Prasarana serta Infrastruktur.



9. Wisata Pedesaan Nagari Ampang Pulai, Carocok Anai, Nagari Mandeh, Nagari Sungai Nyalo dan Nagari Sungai Pinang Wisata Bahari dan Wisata Kuliner yang masih bersifat alam pedesaan Pembangunan pusat kuliner dan pembangunan area wisata pedesaan.


10. Konversi Penyu Pulau Semangki, Pulau Penyu Kecamatan IV Jurai Pembuatan Tempat Penangkaran Penyu Konservasi Biota Endemik kerjasama dengan WALHI, WWF dan Green Peace.


11. Pengembangan Resort Wisata Lumbuang Baruak Kecamatan Batang Kapas, Taratak Surantih dan Gunuang Rajo Kecamatan Sutera Menikmati view kawasan dan atraksi wisata Pembangunan sarana dan Prasarana Infrasturktur penunjang kegiatan pariwisata.



12. Wisata Minat Khusus Pasir Putih Kecamatan Langayang Wisata Kuliner khas Pesisir Selatan Pembangunan Sarana dan Prasarana.


13. Wisata Air Laut Pantai Carocok Painan Kecamatan IV Lurai Berenang di air laut Pembangunan kolam renang air laut.


14. Wisata Sungai Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan Arum Jeram, Water Boum, PDAM dan PLTA Pembangunan sarana dan Prasarana.


15. Air Terjun Telun Berasap Kampung Malepang Kecamatan Basa Ampek Balai tapan Pengembangan objek wisata Air terjun panas Sarana dan prasarana serta akses menuju lokasi.


16. Objek Wisata pantai sambungo Nagari sambungo Kec. Silaut Pengembangan Objek wisata silancar dan arum jeram Sarana dan parasarana.


17. Air Terjun Nirai Nagari Lunang Utara Kec. Lunang Pengembangan Onjek Wisata Sarana, Prasarana dan InfratrukturHal itu dijelaskan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Hakimin,SH. dimana politisi dari Partai Gerakkan Indonesia raya (Gerindra) menambahkan, bahwa semua program dan kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah daerah dan pemerintah provinsi sumatera barat serta pemerintah Pusat adalah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat kabupaten Pesisir selatan.


”Untuk itu, saya meminta pada semua pihak dan kepada seluruh masyarakat diKabupaten Pesisir Selatan untuk ikut berperan serta memberikan dukungan moril dan doanya, demi kelancaran proyek – proyek besar yang diluncurkan untuk masyarakat seperti pembangunan sarana/prasarana pengendalian banjir Batang Tapan.


Supervisi dan pembangunan jaringan irigasi primer dan sekunder D.I Kawasan Sawah Laweh Tarusan. Pemeliharaan berkala Pantai Kambang, Kecamatan Lengayang. dan pemeliharaan berkala J.I Rawa Lunang, Kecamatan Lunang. Diharapkan, kegiatan pembangunan itu berjalan dengan aman, lancar dan terkendali," kata Hakimin.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama