Halal Bihahal di Penghujung Syawwal

Pilot Canang Sumbar
0
Masjid Jami' Sungai Tenang dalam pembangunan.


Sijunjung, Canangnews.com-kamis, 18/05/23 Majelis Taklim Se-Jorong Sungai Tenang Nagari Kunpar, Kamang Baru, berbondong-bondong memenuhi Masjid Jami' Sungai Tenang.


Alhamdulillah kegiatan majelis taklim ini rutin diadakan sekali sebulan bergilir dari masjid ke masjid disetiap jorong yang ada. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat persaudaraan antar jorong, serta untuk menambah ilmu agama.


Kehadiran Jemaah cukup ramai dari perwakilan antar jorong.

Umumnya dihadiri oleh sanak saudara kita dari pulau jawa namun yang hadir hari ini sudah lahir di ranah minang. Kakek nenek atau orang tua mereka dulu hijrah dari pulau jawa ke pulau sumatera pada masa pemerintahan bapak Soeharto.


Kegiatan ini dilaksanakan selepas zuhur sampai ashar berjamaah, dengan rangkaian kegiatan pembukaan, pembacaan kalam illahi, shalawatan, kata sambutan dari panitia dan tokoh masyarakat terakhir ceramah agama dan ditutup dengan doa.


Para sesepuh jorong Sungai Tenang ikut memeriahkan acara ini.

Kali ini saya dapat undangan spesial dari panitia, mumpung libur saya sanggupi sambil pulang bertemu keluarga. Jauh-jauh hari saya diminta Ibu Badrawati sebagai ketua Majelis Taklim, dalam penyampaian beliau tadi ada beberapa point yang dapat saya tangkap.


Pertama ini kegitan rutin kita mohon kiranya kegitan ini kita ramaikan di jorong manapun ia diadakan. Kedua kegitan ini disamping memperkuat hubungan kekerabatan antar jorong juga untuk menambah wawasan keagamaan kita kita tetap belajar menambah pengetahuan kita.


Alhamdulillah cukup ramai meskipun cuaca panas.

Hadir juga dalam acara ini salah seorang Aggota DPRD kabupatan Sijunjung Bpk Sukardi, S.Sos. Dalam acara tadi pak Kardi sapaan akrab beliau memberikan bantuan untuk kelancaran acara serta penyemangat dalam kegiatan baik ini beliau ikut support.


Kehadiran jemaah alhamdulillah cukup ramai dalam prediksi saya kurang lebih ada sekitar 300 orang, meskipun dalam kondisi cuaca yang cukup panas jemaah masih mampu bertahan, sebentar lagi mereka akan pindah ke masjid yang lebih besar.


Saat ini masjid itu sedang dalam pembangunan, Insyaallah Idul Adha tahun ini saya akan sholat bersama mereka karena diminta jadi khatib hari raya, entah nanti akan sholat di lapangan entah di masjid yang akan segera rampung ini.


Semoga Masjid nan indah ini segera rampung.

Sudah wajar masyarakat sungai tenang memiliki masjid besar karena kampung ini sudah ramai, andai nanti sholat id di lapangan terkendala hujan jemaah sudah bisa pindah ke masjid jami (besar).


Itulah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan, Insyaallah disetiap perjalanan dakwah keliling saya disamping tugas utama mengajar akan selalu saya tulis untuk kenangan di hari tua saat sudah tiada.

Terima kasih Mas Riyanto "pak jorong" atas sambuatan dan jamuannya.

(PardiS_Anak Amak)


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top