Membentuk Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pesantren Kilat Selama Ramadhan

0

 

Suwarno S,Ag.,  Kepala SMPN 18 Sijunjung

     


Membentuk Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pesantren Kilat Selama Ramadhan    

               Oleh: Suwarno, S.Ag.

          Kepala SMP N 18 Sijunjung


Sijunjung, CanangNews.com - Sekolah memiliki peranan penting dalam membemtuk karakter siswa sebagai lembaga pendidikan yang formal. Sekolah juga memiliki peranan penting dalam membantu siswa mengembangkan pontensi-potensi yang dimiliki peserta didik, seperti potensi dalam bidang akademik, spritual dan sosial maupun emosional yang diharapkan dapat membawa siswa menjadi pribadi yang memiliki harkat dan martabat dalam kehidupan bermasyarakat.


Siswa yang memiliki prestasi dibidang akademik belum tentu memiliki tingkah laku sosial dan emosional yang baik, begitu juga sebaliknya siwa yang memiliki tingkah laku sosial yang baik belum tentu memiliki prestasi akademik yang baik di sekolahnya. Sekolah juga memiliki peranan penting dalam membatu orang tua dalam membentuk karakter siswa dengan menyisipkan pendidikan karakter dalam beberapa pembelajaran dan kegiatan sekolah yang diadakan pada momen-momen tertentu dalah satunya dalam kegiatan pesantren kilat selama ramadhan.


Pelaksanaan pesantren kilat selama ramadhan ini guna untuk meningkatkan keimanan dan rasa syukur, serta meningkatkan akhlak mulia peserta didik sehingga mengurangi perilaku yang menyimpang seperti konsumsi narkoba maupun pergaulan bebas yang memiliki dampak buruk bagi peserta didik saat ini serta nantinya dimasa depan mereka.


Selain itu, siswa juga mampu membentuk mental spiritual yang tangguh dan kokoh untuk menyikapi tantangan negatif yang ada pada pribadi maupun diluar diri siswa dan menjadi toko yang menginspirasi teman sebayanya serta lingkungan sekitar. Adapun tujuan sekolah mengadaka pesantren kilat ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan ajaran agama islam bagi peserta didik khususnya tentang keimanan, ibadah, akhlak, dan alquran, dan untuk menigkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan siswa tentang ajaran agama islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Serta melatih kemandirian, keberania , kejujuran, kebersamaan, dan toleransi dalam diri siswa.


Beberapa kegiatan pesantren kilat yang dilakukan selama ramadhan yaitu berupa aqidah dan keimanan, fiqih, akhlakuk karimah, toko inspirasi islam baik dalam maupun luar negeri, khusuk ibadah di bulan ramadhan, dan generasi islam milenial. Selain itu, peserta didik juga melaksanakan tadarus alquran dan sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah yang dlakukan dimesjid sekolah yang dapat menampung siswa.


Dengan adanya kegiatan pesantren kilat selama ramadhan ini yang diisi oleh guru yang sangat inspratif, bahkan menyadarkan pentingnya pendidikan karakter dengan balutan islam bagi remaja milenial.(TJP)


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top