Lomba Lintas Alam Penggalang se-Sumatera Barat dibuka Wakil Bupati Sijunjung

0

 

Wakil Bupati Sijunjung, H. Iradatillah pada upacara pembukaan


Sijunjung, CanangNews.com - Lomba Lintas Alam Sijunjung Tingkat Pramuka Penggalang se-Sumatera Barat sedang berlangsung saat ini bertempat di SMKN 8 Sijunjung. Para kontingen hari ini sudah berkemah di halaman SMKN 8 Sijunjung pada Sabtu, 8 Maret 2023. Kegiatan ini diadakan selama 2 hari, sabtu-minggu, pembukaan  oleh H. Iradatillah Wakil Bupati Sijunjung.


Dalam rangkaian kata sambutannya, Radi, begitu sapaan akrab wakil bupati yang terkenal ramah di berbagai kalangan masyarakat Sijunjung itu mengajak semua yang hadir  untuk menjaga keselamatan diri masing masing seraya berserah diri kepada Allah SWT., menghindari sifat takabur, sombong  tetap rendah hati karena arena ini juga sebagai ajang silaturrahmi akbar.


Bumi Perkemahan SMKN 8 Sijunjung yang lndah dan Elok


Berdasaran informasi dari panitia lomba lintas alam Sijunjung ini ada 15 kontingen yang mengikuti lomba dari berbagai daerah di Provinsi Sumatera Barat diantaranya berasal dari Solok, Batusangkar, serta dari berbagai nagari yang ada di Sijunjung khususnya kecamatan Sumpur Kudus.


Ke -15 Kontingen tersebut adalah Lubuak Pandakian, Bukik Simo, Payo Kilangan, Geopar Silokek, Bukik Kunik, Bukik Bakur, Batu Dindiang, Ngalau Basurek, Murai Tinggi, PDRI, Syech Ibrahim, Rajo Ibadat, Payo Syahadad, Tumis Lompok, Samba Don Kayu.


Yang melatarbelakangi kegiatan ini pada hakikatnya adalah untuk membentuk insan yang berkepribadian, berwatak, dan berbudi pekerti luhur, kuat mental, bermoral, serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang sehat jasmani dan rohani sehingga menjadi pelopor pembangunan di tengah-tengah masyarakat, agama, bangsa dan negara.


Bumi Perkemahan SMKN 8 Sijunjung yang lndah dan Elok


Pramuka penggalang sebagai salah satu wadah pembinaan dan pembangunan diarahkan kepada bentuk bentuk kegiatan positif dimana kegatan tersebut mampu mendukung kapasitas dan kapabilitas anggota sebagai insan akademik.



Tujuan kegiatan Lintas Alam Pramuka tingkat Penggalang se-Sumatera Barat ini adalah selain meriahkan peringatan hari jadi Kabupaten yang ke-74 tahun 2023 juga memberi peluang bagi pramuka penggalang se-Sumbar untuk bisa mengembangkan minat bakat serta wawasan dibidang kepramukaan.


Kegiatan Pramuka sekaliber Provinsi di Bumi Perkemahan SMKN 8 Sijunjung 


Kepedulian mereka terhadap pariwisaa di Kabupaten Sijunjung melalui pendirian SAKA pariwisata Sijunjung di Nagari Manganti Khususnya juga menjadi poin penting.



Bentuk Kegiatan yang akan dan sedang di laksanakan saat ini adalah lintas alam, Praktek materi tekpram (sandi, smapore, morse, P2GD, Outdoor, dan Outbond Yel-yel.


Adapun tema kegiatan ini adalah melalui Kegiatan Lintas Alam Anggota Pramuka Penggalang se-Sumbar dapat meningkatkan rasa silaturrahmi dan kepedulianya terhadap alam sekitar sesuai dengan dasa dharma Pramuka.


Salam Pramuka dan selamat berlomba.(TJP/PardiS)


Writer : Pardi Syahri, S.Pdl., a new Journalist of CanangNews.com Sijunjung

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top