Jemaah Kamang Baru Bergerak

Pilot Canang Sumbar
0

Foto Bersama setelah acara di Masjid Al-Jamal Pasar Lama Sungai Tambang, Pak De Mukhlis S.H.I.


Sijunjung, Canangnews.com-Kegiatan ini bernama GSB (Gerakan Subuh Berjamaah) kegiatan ini pertama kali dirintis pada tahun 2016 seingat saya bertempat di Masjid Al-Ikhlas Simp. Batu Bara. Alhamdulillah kami bersama KUA Kamang Baru, Rekan Penyuluh, Tokoh Masyarakat, Niniak Mamak, serta lembaga lainnya ikut menyemarakkan kegiatan ini.


Kegiatan ini pada mulanya bertujuan untuk memakmurkan masjid-masjid yang ada disekitar kita, kedua untuk mengunjungi masjid-masjid lain, menjalin silaturrahim, serta memperkuat ukhuwwah sesama kita. Sampai hari ini kegiatan ini tetap berlanjut sudah yang ke-266 kali sejak tahun 2016.


Jemaah kaum bapak yang hadir hari ini Alhamdulillah cukup banyak.

Apa saja isi dari kegiatan ini? sejak mula sampai hari ini yang masih saya ikuti kegiatannya antara lain : Sholat subuh berjamaah, zikir dan doa, ceramah agama, sambutan dari para tokoh yang datang, kuis untuk penyemangat jemaah yang datang lebih diutamakan untuk para pelajar, pemberian kenangan untuk masjid yang dikujungi.


Apa isi kenangannya? beragam mulai dari jam dinding, sajadah, qur'an, kadang juga ada berupa bingkisan hadiah dari para jemaah yang ingin berbagi bahkan ada juga token listrik dan lainnya. Seingat saya itulah jenis kenangan/hadiah yang diberikan kepada pengurus masjid yang dikunjungi.


Jemaah kaum ibu tampak serius mendengarkan tausiah subuh.


Hari ini ahad, 26/03/2023 saya diminta oleh salah seorang penggerak untuk memberikan tausiah subuh, karena kebetulan saya sedang berada di sungai tambang saya sanggupi permintaan beliau Bpk Sudurdin S.Pd.I, selaku ketua pengerak subuh berjamaah saat ini. 


Pagi ini acara dipandu oleh seorang penyuluh senior Kamang Baru Ustadz Meris Wardi S.Sos.I, lebih akrab dengan sapaan BMW "Buya Meris Wardi" Alumni terbaik pada masanya di IAIN IB Padang.


Banyak kenangan saya dalam kegiatan ini, mulai dari keliling masjid ke masjid, sahur bersama, bermalam di transmigrasi padang tarok, perjalanan wisata ke tempat lain, dinginya malam, diguyur hujan dan lain sebagainya. Semua ada suka dukanya, ya...ibarat minum kopi ada pahit manisnya bercampur jadi satu itulah hidup.


Pemberian kenangan sekaligus buah tangan yang diserahkan kepada Imam Masjid (Pengurus Masjid).


Adakah aral yang melintang? ooo....banyak, tapi karena tujuan kegiatan ini jelas hanya untuk ibadah, saling berbagi, saling mengunjungi, dan menambah dunsanak akhirnya sampai hari ini masih tetap lestari itu semua karena pertolongan Allah yang maha kuasa. Mari kita bangkit dari masjid, karena generasi terbaik itu lahir di masjid.



Terakhir...semoga Allah menguatkan hati kita kaum muslimin di mana saja ia berada, diselamatkan dari marabahaya Aamiin.

(PardiS_Anak Amak)



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top