Tips Memilih Baju Batik Pria yang Sesuai dengan Kebutuhan Acara Anda

Kikilaksmana
0



 



Batik menjadi pakaian khas asal Indonesia yang memiliki berbagai macam corak dan warna. Bisa dikatakan, batik menjadi salah satu fashion yang wajib dimiliki baik pria maupun wanita untuk menghadiri berbagai acara yang sifatnya formal. Mulai dari pernikahan, undangan bisnis, hingga seragam kantor. 



Sekarang, pakaian batik, terutama baju batik pria hadir dalam berbagai model, corak, dan warna. Tidak hanya lengan pendek, pakaian batik pria juga kini tersedia untuk lengan panjang yang pastinya semakin menunjang penampilan Anda di semua acara formal.



Banyak brand fashion yang mengeluarkan koleksi kemeja batik dengan desain yang kekinian sehingga tidak monoton dan terasa tradisional. Tidak heran jika sekarang kemeja batik pria menjadi pilihan pakaian yang bahkan cocok untuk menghadiri acara kasual.


Tips Memilih Baju Batik Pria


Ketika memilih pakaian batik untuk pria, tentunya ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan. Agar bisa mendapatkan pilihan yang tepat, berikut tips yang bisa Anda simak:


Jenis kain baju batik


Bahan merupakan hal paling esensial yang perlu Anda perhatikan untuk menghindari ketidaknyamanan ketika mengenakan pakaian tersebut. Khusus untuk kemeja batik, ada beberapa jenis bahan yang dapat Anda pilih, di antaranya:


1. Katun

Kemeja batik dengan bahan katun memang paling mudah ditemukan baik di toko fisik maupun di e-commerce seperti Blibli. Harganya juga beragam mulai dari harga yang terjangkau hingga harga yang bisa dikatakan mahal.  


Salah satu bahan kain batik terbaik untuk kemeja adalah katun dengan jenis primisima. Tidak hanya nyaman dikenakan, bahan katun primisima juga sangat cocok untuk Anda yang mudah berkeringat karena mampu menyerap keringat dengan baik.


2. Sutra


Jika Anda ingin tampilan yang tidak biasa, eksklusif, dan berwibawa, kemeja batik dengan bahan sutra dapat menjadi pilihan yang tepat. Meski harganya tergolong mahal, batik dengan bahan sutra dapat menunjang penampilan Anda menjadi lebih mewah dan elegan.


Kain sutra sendiri terbagi dalam dua macam, yaitu kain yang dibuat dengan Alat Tenun Mesin dan dibuat dengan Alat Tenun Bukan Mesin. Kain sutra yang dibuat dengan mesin memberikan hasil yang lebih lembut dan halus jika dibandingkan dengan kain sutra non-mesin yang lebih kasar dan tebal.


Namun, kain sutra dengan dengan pengerjaan non-mesin lebih eksklusif dan cenderung mahal karena diproduksi dalam jumlah yang sedikit. Meski demikian, untuk urusan kenyamanan, kain dengan bahan sutra sangat baik dalam menyerap kelembaban tubuh ketika berkeringat. 


Jadi, walaupun udara di sekeliling Anda cukup panas, kemeja batik pria dengan bahan sutra akan membuat Anda tetap merasa sejuk. 


Sesuaikan motif dengan aktivitas


Beragamnya motif atau corak pada batik Indonesia memberikan kesempatan pada Anda untuk memilih motif yang tepat dan sesuai untuk aktivitas yang Anda hadiri.


1. Motif batik klasik


Motif klasik pada batik merupakan motif yang diilhami dari budaya keraton, khususnya dari keraton Yogyakarta dan Solo. Parang, Sidomukti, Kawung, Truntum, Nitik, Sogan, dan Ceplok merupakan beberapa contoh motif batik klasik.


Motif klasik pada batik memiliki ciri khas corak yang berulang, menjadi pilihan tepat untuk Anda yang membutuhkan pakaian yang bersifat resmi maupun formal. Sebab, corak tersebut memberikan nuansa budaya yang cukup kental.


Batik klasik biasanya akan didominasi dengan warna gelap seperti warna coklat, putih, atau hitam. Warna-warna seperti ini sangat mudah dipadukan dengan bawahan apa saja.


2. Motif batik pesisir dan batik modern.

Selain batik klasik, Indonesia juga memiliki batik pesisir dan batik modern. Batik pesisir merupakan batik yang berkembang pada kawasan-kawasan di pesisir pantai seperti Cirebon, Pekalongan, dan Lasem.


Batik pesisir sendiri memiliki ciri khas corak dan warna yang tidak kaku. Bahkan, batik ini cenderung menggunakan warna-warna yang mencolok, seperti merah dan biru. Sedangkan untuk coraknya biasanya lebih banyak bertemakan bunga.


Sementara itu, batik modern adalah batik yang berkembang sesuai dengan zaman. Batik jenis ini biasanya mempunyai ciri khas corak yang abstrak dan tidak terkait akan aturan atau pola tertentu. Selain itu, para pembuatnya juga kerap memadukan banyak gaya sehingga tercipta motif baru.


Baik batik pesisir maupun batik modern akan cocok digunakan untuk Anda yang ingin terlihat segar. Jenis batik ini juga bisa Anda padukan dengan celana jeans dan sneakers sehingga terlihat lebih stylish.


Sesuaikan dengan warna kulit


Hal terakhir yang Anda perlu ketahui ketika memilih baju batik adalah kecocokan warna dengan warna kulit Anda.


● Warna kulit gelap. Hindari memakai batik warna coklat terang atau pastel agar Anda tidak terlihat lusuh dan kusam. Pilihlah warna hitam atau abu-abu yang lebih netral pada warna kulit. Anda juga dapat memilih warna seperti biru dan kuning agar memberikan kesan segar.


● Warna kulit cerah. Bagi pemilik warna kulit cerah, batik dengan banyak warna rasanya akan cocok. Meski begitu, sebaiknya Anda menghindari warna pastel atau abu-abu muda jika tidak ingin terlihat pucat. Pilihlah warna yang lebih netral seperti putih dan hitam.

Itulah beberapa tips memilih baju batik pria yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan acara baik formal maupun kausal. Anda bisa mendapatkan rekomendasi lain dan harga terbaik di e-commerce pilihan seperti di Blibli. Dapatkan banyak promo menarik untuk setiap transaksi di Blibli dengan berbagai macam metode transaksi. 

 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top