Grand Launching Visit Beautiful West Sumatera 2023 di Jam Gadang Bukittinggi

Nasrun
0


Ditandai dengan Tabuh bedug, dan foto bersama,Gubernur Sumbar dan istri,Wako Bukittinggi dan Kadinas Pariwisata Sumbar


Bukittinggi,Canangnews - Pesta rakyat Pedati Ke-12 dan Hari Jadi Kota Bukittinggi Ke-238 yang masih berlangsung hingga akhir tahun 2022, diiringi dengan Grand Launching "Visit Beautiful West Sumatera 2023".

Kegiatan itu dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah di Taman Jam Gadang Sabtu malam (24/12/2022).


Dalam sambutannya,Gubernur Sumbar Mahyeldi, menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Wali Kota Bukittinggi Erman Safar dan seluruh masyarakat Bukittinggi, dimana terlaksananya acara Provinsi  ini, memilih Bukittinggi sebagai Grand Lauching Visit Beautiful West Sumatera.


"Pada tahun 2021, pertumbuhan ekonomi kita minus hanya Rp 1,6 milyar di Sumatera Barat. Berdampak kepada aktifitas masyarakat, baik itu kesehatan, sosial dan lainnya. Itu berdampak serius terhadap pariwisata di Sumatera Barat," ujarnya 


Menurut Mahyeldi, itu karena dampak pandemi Covid-19 yang membuat visiting (kunjungan) jauh merosot dan menurun. Bahkan terdampak kepada pemutusan kerja pada perusahaan yang ada di Sumbar mauopun diluar Sumatera Barat.


Untuk itu sebut Gubernur, maka pada awal tahun 2021 itulah kita mencanangkan "Visit Beautiful West Sumatera 2023".dengan agenda yang telah disusun.Sebab diSumbar memiliki potensi yang luar biasa, karena memiliki objek wisata dan pilihan wisata yang lengkap ,budaya, kuliner dan lainnya.


"Dengan ramainya kunjungan wisata di Bukittinggi dan daerah di Sumbar.Pariwisata bisa multi efek, mempercepat pergerakan ekonomi seperti; pertanian,UMKM, kerajinan dan lain-lain,"pungkasnya.


Wali Kota Bukittinggi Erman Safar sangat mengapresiasi kegiatan Visit Beautiful West Sumatera 2023.

Dilain itu acara Pedati berdampak kepada kunjungan ke Kota Bukittinggi,yang hampir 10.000 orang setiap harinya.


" Seluruh penampilan acara Pedati didominasi oleh talent dari warga  Bukittinggi dan Sumbar.Alhamdulullah membuat pengunjung cukup puas di Kota Bukittinggi,"ungkapnya.

Para Hadirin pejabat dan Forkopimda


Disampaikannya, ekosistem wisata di Bukittinggi sudah jadi dan terbaik, seperti Sanggar Tari dan  yang sudah tampil dibeberapa negara dengan penampilan tari kreasi Piring dengan Debusnya.


"Selama 10 tahun terakhir baru tahun ini objek wisata di Bukittinggi, dikunjungi 1,3 juta orang dengan membukukan omset Rp. 26 Milyar,jauh dari tahun 2021 yang hanya Rp.16 milyar,itu terdata didua objek wisata.Sedangkan informasi untuk hotel pada malam ini di Bukittinggi sudah full room 90,2 persen dengan jumlah kamar 2199 kamar,ditambah 75 Homestay dengan 300 kamar fullbook hingga 92 persen pada hari ini,"urai Wako.


Erman Safar berharap,  dengan adanya Visit Beautiful West Sumatera 2023 itu, dari target visitor 8,7 juta orang yang akan berkunjung ke Sumbar, ditargetkan masuk ke Bukittinggi.Begitu juga berbagi segmen wisata dengan Kabupaten Agam, Payakumbuh, Padang Panjang serta dorongan dari provinsi untuk membangun dan berinvestasi dibidang destinasi wisata, agar pengunjung ke Bukittinggi bisa lebih dari tiga hari.


Dikesempatan itu Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno,juga memberikan Statementnya di layar monitor  lebar.dan video tentang kekayaan dan keindahan alam Sumatera Barat.


Pada acara Grand Launching itu , juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Sumatera barat, Luhur Budianda, Ketua Tim kerja VBWS Raseno Arya, Wawako Bukittinggi Marfendi, Ketua Dekranasda Sumbar Harneli Bahar, Sekdako, Forkopimda Kota Bukittinggi, Ketua DPRD Bukittinggi, Kapolsek Bukittinggi,  serta Direktur BUMN, BUMD dan Para pengunjung di pelataran taman Jam Gadang.


( KH )

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top