TPV Kementan RI Setujui "Karambia Padang Pariaman" Jadi Komoditi Unggulan

0
Kadistan KP Yurisman SP MM presentasi di depan TPV Kementan RI

Parikmalintang, CanangNews - Kelapa Dalam Padang Pariaman yang dinamakan "Karambia Padang Pariaman" disetujui untuk dilepas menjadi komoditi unggulan oleh Tim Penilai Varietas (TPV) pada Sidang Pelepasan Varietas Tanaman Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) RI di Solo Jawa Tengah, Selasa 11 Oktober 2022.

"Alhamdulillah..., pencapaian ini kami persembahkan kepada Bupati kami, Bapak Suhatri Bur SE.MM, yang pada hari ini memperingati hari kelahiran yang ke-52 tahun," tulis Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Kadistan KP) Kabupaten Pariaman Yurisman SP MM melalui postingan akun facebook-nya.

Ketika dihubungi Wartawan CanangNews, Kamis (13/10/2022), Yurisman yang menamai akun whatsapp-nya U Rice Man menyebutkan, kelapa dalam ini telah dilakukan pengamatan dan penelitian sejak tahun 2015 yang berada di Korong Kapuah, Nagari Koto Baru, Kecamatan Padang Sago, dengan jumlah pohon induk terpilih sebanyak 560 batang. 

"Kelapa dalam ini memiliki keunggulan produksi tinggi, daging buah tebal,kadar minyak dan protein tinggi," ujar anak muda kreatif dan enerjik ini. 

Ia menjelaskan, kelapa dalam ini memiliki potensi bibit untuk pengembangan sebanyak ±50.000 batang. "Diharapkan akan menjadi sumber benih/bibit untuk pengembangan kelapa, tidak hanya di Kabupaten Padang Pariaman,  Sumatera Barat, bahkan indonesia," katanya lagi. 
Dalam hal ini, ulas dia, Padang Pariaman menjadi sentra komoditi kelapa dalam di tingkat nasional dengan memanfaatkan benih unggul nasional yang terdapat di Kabupaten Padang Pariaman. (ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top