MTQ Nasional Ke-40 Tingkat Kota Bukittinggi Dibuka Secara Resmi Oleh WaliKota

Nasrun
0

 

Wako Bukittinggi membuka secara resmi MTQ ditandai tabuh bedug bersama Forkopimda/Foto.Nas

BUKITTINGGI,CanangNews - Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQ) ke-40 Tingkat Kota Bukittinggi berlangsung dari 20 - 22 Juni 2022,resmi dibuka oleh Wali Kota Bukittinggi Erman Safar,yang dihadiri oleh Wakil Walikota Marfendi,Ketua DPRD ,Kakan Kemenag,Sekdako Bukittinggi,serta tokoh masyarakat Kecamatan Mandiangin Koto Selayan(MKS) di GOR Bermawi Bukittinggi,Senin 20/6/2022.


Dalam sambutannya,Wako Bukittinggi Erman Safar menjelaskan,kegiatan Islami yang dikemas dengan budaya sangat menarik.Mewujudkan Bukittinggi Hebat berlandaskan Adat Basandi Syarak,Syarak Basandi Kitabullah, mesti ada keaktifan dan keselarasan semua unsur.


"Agama,ada unsur Ninik mamak,Alim ulama,seluruh dai/guru mengaji dan Pemerintah.Ketiganya harus sinergi,maka baru bisa mewujudkan Great Bukittinggi (Bukittinggi Hebat),"ujar Wako Erman Safar.


Dikatakannya,pada saat ini melihat bagaimana sebagian anak kemenakan kita bermasalah dalam dekadensi moralnya.Dan banyak yang ditemui keadaan yang tidak tampak dari luar apa yang telah terjadi.


Kemudian sebutnya lagi,Minangkabau ini adalah Islam,tidak Islam berarti bukan Minang,karena telah keluar dari syariat Islam.

290 orang kafilah dari 3 kecamatan di kota Bukittinggi

"Mari kita bersama sama untuk memperhatikannya dan mesti berubah seperti sediakala, bagaimana budaya minangkabau yang punya nilai-nilai Islam yang sebenarnya,"ulas Erman.


Pada momen itu Erman tak urung mengucapkan selamat bertanding kepada 290 orang,terdiri dari utusan Kecamatan MKS 100 orang,Guguk Panjang 96 orang utusan ABTB 94 orang kafilah MTQ ke 40 di Tiga kecamatan di kota Bukittinggi Sumatera Barat.


Sementara itu,Tokoh masyarakat Kecamatan MKS .Heru Triastanawa menuturkan,dengan ditunjuknya kecamatan MKS sebagai penyelenggara tuan rumah MTQ 40 sangat mengapresiasi pemerintah kota Bukittinggi.


"Dengan komitmen Walikota dalam mewujudkan Bukittinggi Hebat ,berlandaskan nilai nilai Alqur'an. Menjadikan masyarakatnya madani dan masyarakat pun komitmen dalam mewujudkannya "Madatun Tayyibatun,"ungkapnya.


Senada,Sekda Kota Bukittinggi Martias Wanto dan juga selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an ( LPTQ) Bukittinggi menjelaskan,kegiatan ini merupakan Visi dan Misi Pemko Bukittinggi sesuai dengan visi Menuju Bukittinggi Hebat.


Menurutnya,salah satunya adalah misi dalam peningkatan Pendidikan dan keagamaan dan dikembangkan lagi bagaimana masyarakat dan pemko Bukittinggi yang sosial dan Islami.Seperti merayakan Khatam Akqur'an dan MTQ setingkat kelurahan dan kecamatan/kota.


Kemudian sudah membangun dan menfasilitasi Rumah-rumah Tahfidz yang sudah berjalan sebanyak 12 rumah Tahfidz yang dibantu melalui dana APBD.


"Pada perlombaan kali ini,kita menjaring para kafilah yang akan mewakili kota Bukittinggi,yang harapannya bisa diutus ke Tingkat Sumatera Barat pada 2023 di Solok Selatan.Kepada masyarakat dianjurkan untuk mendatangi lokasi MTQ sebanyak 7 titik lokasi di kecamatan MKS.,"paparnya.


Turut hadir pada acara itu.Ketua TP.PKK Bukittinggi Ny.Fiona Erman Safar,Ketua GOW Bukittinggi Ny.Nurna Eva Marfendi,Camat MKS, Kapolsek Bukittinggi Kompol.Hj.Rita Suryanti,Dandim 0304 Agam   dan lain lain.


( Nas)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top