Resmikan Sabermas Baru Dinkes, Bupati Suhatri Bur: Inovasi Mengagumkan!

0
Pauahkamba, CanangNews - Sebagai wujud pelaksanaan peningkatan pelayanan dan derajat kesehatan masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan kegiatan Sabermas Baru (Sehari Bersama Masyarakat untuk Membuat Perubahan) dengan tema “Bersama Kita Wujudkan Masyarakat Sehat  Melalui Sabermas Baru, In Syaa Allah  Menuju Padang Pariaman Berjaya”. 

Puncak kegiatan Sabermas Baru langsung dibuka oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur SE M.M di Korong Parit, Nagari Pauahkamba, Kecamatan Nan Sabarih, Senin (23/5/2022). 

Acara dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah seperti DPRD, Kapolres, Dandim, Kejaksaan, beberapa Kepala  Perangkat, Pimpinan Baznas, Ketua TP-PKK, Direktur RSUD, Camat Nan Sabarih serta seluruh jajaran Dinas Kesehatan selaku pelaksana kegiatan.

Dalam kata sambutannya, Bupati Suhatri Bur menyatakan kegiatan ini merupakan inovasi sangat mengagumkan karena dapat meningkatkan komitmen bersama dalam upaya pemecahan, penanganan dan penuntasan masalah masyarakat, terutama dalam bidang kesehatan, sosial dan perekonomian di Kabupaten Padang Pariaman.  

"Permasalahan kesehatan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab satu atau dua perangkat daerah saja tetapi melibatkan semua unsur dan berbagai kalangan," kata Aciak, sapaan Suhatri Bur.

Pada kesempatan itu Bupati Padang Pariaman menyatakan terima kasih dan penghargaan kepada Dinas Kesehatan serta semua perangkat daerah yang berperan dan berkolaborasi dalam upaya penuntasan permasalahan masyarakat. Ia juga menyatakan terima kasih dan penghargaan kepada segenap pemangku kepentingan atas kerja sama dan dukungannya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman dr H Aspinuddin melaporkan, Dinas Kesehatan sudah berupaya melakukan berbagai inovasi untuk mengatasi berbagai permasalahan. Namun, permasalahan yang ada di tengah masyarakat belum teratasi secara tuntas. 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, lanjut Dokter Jimmi (sapaan Aspinuddin, perlu solusi yang disebut dengan Satu Hari Bersama Masyarakat Membuat Perubahan (Sabermas Baru) sebagai wadah komunikasi perubahan perilaku melalui intervensi terintegrasi pelayanan kesehatan.

"Kegiatan Sabermas Baru ini dilaksanakan sekaligus untuk mendukung penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK. Selain mengupayakan pencapaian 16 Indikator PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), juga menyelesaikan 12 indikator Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)," ujar Dokter Jimmi. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, ulas dia, pihaknya menggandeng semua perangkat daerah dan lintas sektor lainnya berkolaborasi  guna menyelesaikan berbagai permasalahan di nagari sasaran, baik berupa masalah kesehatan, pendidikan, pertanian dan perikanan maupun layanan BPJS, pencatatan sipil, pajak kendaraan bermotor serta perpustakaan.

Dalam kesempatan ini Bupati menyerahkan bantuan secara simbolis kepada masyarakat berupa bantuan rumah layak huni, jamban sehat, bantuan bibit ikan 3000 ekor, beasiswa pendidikan, bibit tanaman serta penghargaan kepada pemberi ASI Eksklusif. (*/ZT)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top