Peringati Harkitnas,Wawako Bukitinggi Bertindak Sebagai Inspektur Upacara

Nasrun
0
Wawako Marfendi pada sambutan Peringati Harkitnas di Balai Kota (20/5),foto,Nas


BUKITTINGGI,CANANG.news - Pemerintah Kota Bukittinggi gelar upacara Bendera 20 Mei dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 114 tahun 2022,Wakil Wali Kota Bukittinggi langsung bertindak sebagai Inspektur Upacara, yang dilaksanakan di Halaman Balaikota Bukittinggi, Jumat (20/05).


Pada acara itu, Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi, membacakan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate. Dalam pidato itu, disampaikan, pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekaerno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia.


“Di masa itu, terdapat ancaman dan perpecahan antar golongan serta ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa,"ungkap Wawako.


Disampaikannya,Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia. 



"Kelahiran Boedi Oetomo mempelopori terciptanya organisasi pergerakan di masa selanjutnya seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia dan Muhammadiyah,” ujarnya.


Wawako menambahkan, peringatan Harkitnas, menjadi salah satu momen untuk bangkitnya Indonesia, sesuai dengan tema Harkitnas tahun 2022 ini, “Ayo Bangkit Bersama”. Semua harus belajar pada suasana batin pahlawan terdahulu.


“Jadi semangat persatuan ini yang perlu kita bangkitkan kembali. Semangat ini harus kita pelihara sampai nanti,kalau kita sekarang ditambah dengan mengisi kemerdekaan. Dengan tetap mempertahankan jiwa dan semangat bersatu untuk NKRI,” ungkap Marfendi.


Terkait bangkit dari pandemi, Wawako berpesan, agar masyarakat secara bersama sama untuk bangkit dari musibah ini. Jangan terlalu larut dengan pandemi, jadikan ini sebagai ujian dari Allah untuk kita bangkit menjadi insan yang lebih baik lagi kedepannya. (Nas)

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top