Nagari Lubuk Pandan Menerima Program DAK Sanitasi 2022

0

Lubuk Pandan, CanangNewsAlhamdulillah... tahun anggaran 2022 ini Nagari Lubuk Pandan menerima program Dana Alokasi Khusus (DAK) Sanitasi. Sebagai tahapan awal pada program ini dilaksanakan sosialisasi tingkat masyarakat di aula lantai 2 kantor walinagari setempat, Senin (18/4/2022).


Acara ini dibuka oleh Camat 2x11 Enam Lingkung Syofrion M SE MSi. Pada kesempatan itu, Mantan Kabag Humas Sekdakab Padang Pariaman ini menjelaskan, Program DAK Sanitasi 2022 ini untuk pembangunan instalasi pembuangan akhir limbah (IPAL) dengan alokasi dana Rp500 juta. 



Ia menambahkan, untuk lokasi pembangunan akan dilakukan survei dan kesepakatan antara pendamping program dengan masyarakat, apakah di Korong Kampung Panyalai, Kampung Guci, Balai Satu, Kiambang atau Padang Bukit.


"Kita harapkan, IPAL ini nantinya memiliki fungsi plus seperti sebagai objek wisata serta memperindah lingkungan nagari," ulas Mantan Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga ini.



Menurutnya, sosialisasi ini dimaksudkan sebagai upaya mengubah pola hidup masyarakat menjadi lebih sehat, khususnya tentang pengendalian dampak lingkungan, dampak penyebaran bakteri penyakit. Oleh karena itu, sanitasi ini hendaknya diatur dengan sebaik-baiknya. 


"Pembangunan prasarana sanitasi ini merupakan program pemerintah pusat yang memiliki hubungan kerja dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Kesehatan serta Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DLHPKPP) dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat," katanya lagi.



Sebelumnya, Walinagari Lubuk Pandan Yudhi Ferianto SP mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah Yang Mahaagung atas terpilihnya Nagari Lubuk Pandan sebagai penerima Program DAK Tahun 2022. "Semoga program ini memberikan dampak positif terhadap masyarakat nagari, khususnya di bidang kesehatan dan lingkungan hidup," kata Wali Feri. 


Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan Dinas PUPR Kabupaten Padang Pariaman, Pendamping Teknis dan Pemberdayaan Program DAK Sanitasi, Kasi Trantib Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Walinagari Lubuk Pandan beserta perangkat dan staf, Bhabinkamtibmas, Ketua KAN, Ketua LPM, Ketua Karang Taruna Anliko, Ketua TP-PKK Nagari atau yang mewakili, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Tokoh Masyarakat dan Bundo Kanduang Nagari Lubuk Pandan. (*/Zakirman Tanjung)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top