Bianto Khawatir Akan Nasib Warga Mongapoula 5 Tahun Kedepan

Sikabaluna
0

Lokasi Pertanian Warga Monganpoula Yang Akan Digusur Pemilik Tanah Ulayat.
Foto:Wartawan/Johan

Monganpoula Canangnews,Bianto salah seorang warga Desa Monganpoula khawatir akan menjeritnya warga lima tahun kedepan melihat kondisi tanah untuk bertani sudah mulai digusur secara lambat laun,ekonomi rumah tangga bagi warga setempat akan menurun bahkan hilang karena sudah tidak memiliki lahan untuk bercocok tanam.

"Lahan yang ditanami oleh warga setempat untuk saat ini adalah tanah ulayat bagi suku-suku sehingga secara perlahan tanah tersebut akan kembali direbut bahkan di kapling,tentunya sulit jika pemilik tanah berikan sepenuhnya kepada warga monganpoula"ungkap Bianto kepada Canangnews saat memberikan keterangan  selasa 26/04/22.

Lebih lanjut dikatakan dia,Banyak warga belum memiliki lahan yang benar benar miliknya dan masih menumpang di lahan milik suku yang berada diluar monganpoula,jika itu sudah terjadi warga lokal mau makan apa ?

Kekhawatiran tersebut lanjut dia,sempat diutarakan kepada kepala dusun Monganpoula untuk memikirkan nasip warga dikemudian hari untuk mensejahterakan warga agar tetap hidup dan tidak terjepit ekonominya namun tidak pernah ditanggapi oleh pemerintah setempat.

Dirinya juga berharap pemerintah desa setempat dapat berpikir kearah kedepan bagaimana nasip lima tahun kedepan tanah warga akan hilang begitu saja salah satu soalusi terbaik adalah membeli tanah dengan memberdayakan anggaran dana desa pukasnya.(js)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top