Dinsos P3A Padang Pariaman Berdayakan Penerima Bansos PKH


Sintoga, CanangNews - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Padang Pariaman mengadakan kegiatan pemberdayaan kelompok penerima bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) melalui kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) berbasis keluarga di Nagari Toboh Gadang, Kecamatan Sintuk Toboh Gadang (Sintoga) bertempat di Embung Tabek Gadang Sungai Abu, Selasa (15/03/2022).


Kegiatan pemberdayaan ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan oleh Pendamping PKH seluruh kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman setiap bulannya. Di samping menerima dana, penerima bansos juga akan diberdayakan melalui P2K2 sehingga diharapkan memiliki kemampuan daya fikir yang maju dan baik sehingga menjadi pondasi dalam keluarganya untuk mental dan ekonomi.


Kegiatan ini langsung dihadiri oleh Kepala Dinsos P3A  Salmi SE. Pada sesi pembukaan ia menyatakan, untuk peningkatan kemampuan keluarga, baik bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan kesejahteraan sosial maupun terkait stunting yang paling utama diperhatikan dalam keluarga adalah adanya ikatan keluarga yang syah, sehingga diharapkan keluarga tersebut memiliki harapan yang baik kedepan.



Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman berharap agar penerima bansos PKH ini dapat menyerap materi materi yang disampaikan oleh  Pendamping PKH yang sudah terlatih sehingga apa yang didapat benar-benar diterapkan dalam kehidupan rumah tangga.


Pada kesempatan yang sama Pejabat Fungsional Jaminan Sosial Keluarga Dinas Sosial P3A Kabupaten Padang Pariaman Maslinda Roza menekankan pentingnya pemberdayaan kemampuan Ibu-Ibu penerima bansos PKH seperti halnya bidang ekonomi, dengan memanfaatkan pekarangan untuk bertanam kebutuhan dapur, memasak makanan yang bahan bakunya dari lingkungan seperti halnya menggalakan memasak masakan kampung ini dapat menghemat keuangan dan lebih sehat lagi “ tutur ibuk yang akrab dipanggil amak ini.


Secara terpisah Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Perlinjamsos) Dinas Sosial P3A Kabupaten Padang Pariaman Nasmi Panala SH MH mengucapkan rasa terimakasih atas pelaksanaan kegiatan ini, dia mengatakan “ Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman berupaya untuk selalu hadir dalam mengatasi masalah masalah kesejahteraan sosial seperti kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh Koordinator PKH Kecamatan Imrizal, S.Pt dan rekan rekan Pendamping PKH Kecamatan Sintuak Toboh Gadang ini, semoga terus bisa berbuat lebih baik, sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera sesuai dengan visi misi Bapak Bupati Padang Pariaman yaitu mewujudkan Padang Pariaman Berjaya “ pungkasnya.


Kegiatan Pemberdayaan Keluarga Penerima Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) ini diselenggarakan oleh SDM PKH Kecamatan Sintuak Toboh Gadang dalam rangka Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) yang dihadiri oleh Koordintor PKH Kabupaten Padang Pariaman Ramadhanil, S.Kom, Adminitrasi Pangkalan Data (APD) Yusnita, S.Pd dan Silfina, S.Pd beserta Koordinator PKH Kecamatan Sintuak Toboh Gadang Imrizal, S.Pt serta Pendamping PKH Kecamatan Fatma Suri, A.MK3, Oktaviani, S.Pdi, Indah Ratna Sari, S.Pd beserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH Kecamatan Sintuk Toboh Gadang. (R/Z)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama