Ikut Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi, MTsN 5 Padang Pariaman Dikunjungi Tim Pembina UKS.


Ulakan Tapakih, CanangNews - Dalam rangka menghadapi Penilaian Sekolah Sehat tingkat Provinsi Sumatera Barat, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Padang Pariaman yang berlokasi di Korong Rawang Nagari Tapakih , mendapat kunjungan dan Tim Pembina Sekolah Sehat Kecamatan Ulakan Tapakih yang dipimpin langsung oleh Camat Emri Nurman SSTP MM


Bersama adik-adik siswa MTsN 5 Padang Pariaman, Camat beserta Tim Pembina UKS Kecamatan melaksanakan gotong royong (goro) dan bersih-bersih di lingkungan madrasah. Sekolah sehat dengan lingkungan yang sejuk, indah dan asri, tentu diharapkan dapat menciptakan suasana yang nyaman bagi para siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.



Sebagaimana diketahui, Lomba Sekolah Sehat bertujuan untuk menilai prestasi sekolah dalam melaksanakan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M). Aspek yang menjadi penilaian tidak hanya pada kinerja sekolah. Tetapi juga mempertimbangkan peran serta Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah, upaya sekolah dan peserta didik dalam mewujudkan perilaku bersih dan sehat serta implementasi program UKS.


Pada tahun 2022 ini, MTsN 5 Padang Pariaman merupakan wakil Kabupaten Padang Pariaman pada kategori SLTP/MTs untuk mengikuti Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Sumatera Barat. 



Wakil Kepala Bidang Humas Irmeliza SPd. menyebutkan, MTsN 5 Padang Pariaman berhasil sebagai peringkat pertama pada lomba Sekolah Sehat SMP/MTs tingkat Kabupaten Padang Pariaman tahun 2021 lalu. Sehingga Madrasah yang dipimpin oleh Suhaimis, M.Ag dan memiliki lebih dari 300 siswa itu, otomatis menjadi wakil Kabupaten Padang Pariaman untuk lomba Sekolah Sehat di tingkat Provinsi.


"Dalam menghadapi penilaian tingkat Provinsi ini, atas arahan Kepala Madrasah, kami telah mulai berbenah. Seperti, memberikan pelatihan duta sehat bagi siswa yang bekerja sama dengan tenaga kesehatan Puskesmas ulakan. Kemudian melengkapi sarana prasarana dan fasilitas yang diperlukan, untuk memenuhi standar dan kriteria sebuah Sekolah yang bersih dan sehat. Insyaallah dengan semangat kebersamaan yang sudah lama dibina, MTsN 5 Padang Pariaman mampu menjadi yang terbaik di Tingkat Sumatera Barat", ungkapnya.



Pada kesempatan itu, Camat Emri Nurman, SSTP. MM didampingi Kasi Kesra Asni Gusti, SP menyampaikan. Bahwa program pendampingan bagi MTsN 5 Padang Pariaman telah dipersiapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil keputusan rapat yang dilaksanakan pada bulan Januari lalu, ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan oleh lintas sektor untuk kesempurnaan dalam menghadapi Lomba.


"Setiap hari Rabu, ditetapkan sebagai waktu untuk gotong royong bersama membersihkan lingkungan madrasah ini. Kemudian menyiapkan lokasi lahan kosong dibelakang kelas VIII, sebagai tempat penanaman Tanaman Obat keluarga (TOGA) serta berbagai jenis tanaman bermanfaat lainnya. Seperti dapur hidup dan tanaman sayuran maupun tanaman hias yang akan ditanam lingkungan madrasah. Dimana manfaat tanaman tersebut, disamping bisa untuk obat-obatan juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, asri dan indah dipandang mata", ungkap Emri Nurman.



Senada dengan itu, Wakil Kepala (Waka) Madrasah bidang Kurikulum Nur'aidi, S.Ag. M.Pd, didampingi Wakil Kepala Kesiswaan, Ermaniyulis, S.Pd.I, Waka Sarana dan Prasarana Asniati, S.Pd dan Pembina UKS Nurridawati, S.S, M.Pd. serta seluruh guru dan pegawai, mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari Tim Pembina UKS Kecamatan Ulakan Tapakih itu.


"Kami sangat berterima kasih dan merasa termotivasi dengan adanya program kunjungan dari pihak Kecamatan ini. Semoga dengan kerjasama yang terjalin sangat baik ini, MTsN 5 Padang Pariaman dapat menjadi pemenang Sekolah Sehat tingkat Provinsi Sumatera Barat", tutupnya.



Hadir pada kunjungan itu, Kasi dan pegawai dari kantor Camat Ulakan Tapakih, Staf Dinas Pertanian dan PPL, pegawai KUA Ulakan Tapakih,  serta staf dari kantor Wali Nagari Tapakih dan perangkatnya. (Dt Asa Nagari)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama